KPUD Khawatir Pelantikan Gubsu Tertunda


sumber : http://www.waspada.co.idSenin, 12 Mei 2008 01:00 WIB
KPUD Khawatir Pelantikan Gubsu Tertunda PDF Cetak E-mail

HASANUL HIDAYAT
WASPADA Online

(MEDAN) – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumut mengkhawatirkan pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih tertunda, disebabkan gugatan hasil Pilgubsu dari pasangan Tritamtomo-Benny Pasaribu (Triben) baru teregistrasi di MA, Rabu (7/5) lalu.

“Kita khawatirkan bisa saja ada kemungkinan pelantikan gubernur tertunda dari 16 Juni yang sudah direncanakan. Namun kita tetap berharap itu tidak terjadi,” kata anggota KPUD Sumut Turunan Gulo kepada wartawan Sabtu (10/5), menanggapi sidang perdana gugatan itu baru akan digelar MA hari ini (12/5).

Turunan Gulo mengatakan, kekhawatiran pengunduran pelantikan gubernur terpilih Syamsul Arifin-Gatot Pudjo Nugroho itu terjadi karena menurut peraturan putusan persidangan gugatan Pilkada baru dapat dilakukan pada 14 hari kerja setelah tanggal registrasi pendaftaran gugatan. Sedangkan gugatan baru teregistrasi di MA pada 7 Mei lalu.

Padahal, lanjutnya, KPUD Sumut sendiri awalnya menafsirkan MA akan menjatuhkan putusan pada 14 hari setelah gugatan Triben didaftarkan ke Pengadilan Tinggi (PT) pada 28 April 2008 lalu.

Menurut Turunan Gulo, berdasarkan perhitungan 14 hari setelah teregistrasi di MA, maka putusan hasil gugatan Pilgubsu akan dijatuhkan pada akhir Mei. Jika putusan nantinya tetap memutuskan pasangan Syamsul Arifin-Gatot Pudjo Nugroho (Syampurno) sebagai pemenang, KPUD belum tentu bisa langsung mendapatkan hasil tersebut.

“Karena biasanya setelah diputuskan MA, maka beberapa hari setelah itu baru KPUD dapat salinan resminya. Sebab harus melalui proses administrasi lagi di MA sebelum turun ke KPUD Sumut,” ujarnya.

Turunan Gulo mengatakan, setelah menerima hasil keputusan dari MA, maka berdasarkan undang-undang, KPUD harus menyerahkan hasil perhitungan suara ke DPRD Sumut. Kemudian lembaga legisiatif itu melalui Gubernur Sumut akan menyerahkannya ke Mendagri untuk disahkan presiden.

Tahapan seperti itu, lanjutnya, dikhawatirkan akan menunda pelantikan Gubsu terpilih. Karena itu, dia juga menyayangkan proses pendaftaran gugatan dari Pengadilan Tinggi hingga registrasi di MA memakan waktu sampai sembilan hari.

Padahal KPUD sudah menetapkan pelantikan akan dilakukan dua bulan setelah pemungutan suara, yaitu pada 16 Juni mendatang. Bahkan dalam perhitungan awal KPUD Sumut itu, jadwal pelantikan tidak akan tertunda meski Pilgubsu dua putaran.

Menurut Turunan Gulo, KPUD Sumut sendiri telah mempersiapkan diri untuk melakukan pembelaan dalam persidangan perdana di MA. “Kemungkinan besar kami akan hadir dalam persidangan perdana Senin besok,” ujarnya.

(zul)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: