Program BLT, sebuah “Doa” agar Negeri ini semakin miskin


Program BLT, Sebuah “Doa” Agar Negeri ini Semakin Miskin

Oleh : Togar Lubis

Walaupun berbagai elemen masyarakat khususnya Mahasiswa terus melakukan unjuk rasa menolak rencana pemerintah untuk menaikkan harga BBM, toh akhirnya Jum’at malam (23/5) lalu kenaikan harga tersebut tetap juga diberlakukan. Sebagai kompensasi kepada masyarakat miskin yang paling merasakan dampak atas kenaikan tersebut, pemerintah kembali menyalurkan program Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp. 100,000,-/KK/bulan.

Program BLT ini juga mendapat penolakan dari sejumlah kepala daerah di Indonesia dan ribuan kepala desa menolak dilibatkan dalam program tersebut. Alasannya logis, sebab pada penyaluran BLT tahun 2005 lalu Tak sedikit kantor kepala desa dan rumah ketua RT/RW atau kader PKK rusak diamuk massa. Mereka lebih sepakat dengan kebijakan padat karya yang lebih manusiawi dan memberikan hasil nyata. Penolakan tersebut salah satunya disampaikan ratusan kades sewilayah Cirebon saat acara “Pelatihan Program Raksa Desa bagi Pemegang Kas Satlak Desa Provinsi Jabar”, Jumat (16/5), di Hotel Apita Kab. Cirebon.

Hal lain yang membuat program tersebut ditolak disebabkan program ini dinilai bukan menyelesaikan masalah, malah menimbulkan masalah baru. Cara ini bukan saja menimbulkan gejolak, tetapi jangan menyengsarakan aparat di desa. Karena bagaimanapun yang ketiban masalah adalah aparat desa yang paling dekat dengan masyarakat,

Apapun alasan dan proyeksi pemerintah dalam menyalurkan BLT, namun satu hal yang tidak bisa dipungkiri. Ketika ada program bantuan, orang akan berlomba-lomba mengaku miskin dan ini sudah seperti budaya di negeri kita. Bukankah pengakuan orang-orang seperti itu sama saja artinya dengan doa ? Sebuah doa yang meminta agar negeri ini semakin miskin dan ironisnya pemerintah seakan menyuruh rakyatnya untuk melakukan itu.

Seharusnya pemerintah lebih bijaksana dan melakukan pengkajian lebih mendalam sebelum menjalankan sebuah program khususnya yang menyangkut hidup orang banyak. Tapi hal ini juga hanya sebuah harapan, harapan yang kita yakini tidak akan dipertimbangkan oleh mereka sebagai “penguasa”. Salam.

Satu Tanggapan

  1. Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di Social Bookmarking Indonesia http://www.infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://politik.infogue.com/
    http://pemerintahan-indonesia.infogue.com/program_blt_sebuah_doa_agar_negeri_ini_semakin_miskin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: