Rekaman Artalyta “CERMIN” Kinerja Kejaksaan Kita


Rekaman Artalyta “CERMIN” Kinerja Kejaksaan Kita

Oleh : Togar Lubis

Kordinator Kelompok Studi dan Edukasi Masyakata Marginal (K-SEMAR) Sumut, Togar Lubis minta kepada pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar tidak menyerahkan laporan dugaan korupsi yang disampaikannya kepada KPK kepada pihak Kejaksaan maupun Polri. Alasannya, Togar Lubis sangat meyakini bahwa kasus dugaan korupsi tersebut tidak akan mampu atau pernah dituntaskan kedua Institusi tersebut.

Ketidakpercayaan Aktivis ini disampaikannya kepada pihak KPK pada tanggal 12 Mei 2008 lalu kepada pejabat KPK saat menyampaikan laporan dugaan korupsi pengadaan 43 unit mobil pribadi merek Isuzu Panther untuk anggota DPRD Langkat periode 1999 – 2004 yang diduga melibatkan Bupati Langkat (Gubsu terpilih) H. Syamsul Arifin,SE . KPK menerima laporan tersebut dengan nomor registrasi 2008-05-000137.

Ketidakpercayaannya tersebut bukan tanpa alasan. Pada tanggal 2 Juni 2005 lalu, Togar Lubis telah menyampaikan laporan dugaan korupsi yang terjadi di Pemerintah Kabupaten Langkat dengan kerugian Negara mencapai Rp. 50,56 milyar. Dalam laporan tersebut diantaranya adalah dugaan korupsi pembelian 43 unit mobil pribadi untuk angota DPRD Langkat periode 1999 – 2004 dan pembebasan lahan PTPN II di Kabupaten Langkat yang melibatkan Kakan. Satpol PP Zulhanuddin,SH.

Menerima laporan ini, Pimpinan KPK saat itu meminta Kejaksaan Agung RI untukmenindaklanjuti laporan tersebut dengan surat KPK No. R. 1549/KPK/VIII/2005 pada tanggal 9 Agustus 2005.

Pada tanggal 11 Oktober 2005, Pimpinan KPK menerima jawaban dari Kejaksaan Agung RI dengan surat No.R-761/F/Fd.1/10/2005. Inti surat dari Kejaksaan Agung RI tersebut menyatakan bahwa terhadap laporan yang sampaikan Togar Lubis, Kejari Stabat telah melakukan penyelidikan dan tidak ditemukan indikasi tindak pidana korupsi termasuk dalam hal pembebasan lahan PTPN.II di Kabupaten Langkat sehingga tidak dapat ditingkatkan ke tahap penyidikan.

Aneh, bagaimana mungkin Kajari Stabat saat itu Bukti tarigan,SH dapat mengatakan tidak ditemukan indikasi korupsi padahal pada tanggal 8 Agustus 2005 Kejari Stabat telah menangkap dan menahan Kepala Urusan Hukum dan Agraria Umum PTPN.II Tanjung Morawa INDRO SUHITO,SH selaku Tersangka kasus korupsi pembebasan lahan milik PTPN. II Tanjung Morawa di Kabupaten Langkat. Saat itu, terkesan ada upaya pihak Kejari Stabat agar tersangka kasus tersebut tidak melibatkan Kakan. Satpol PP Langkat Zulhanuddin,SH. Hal ini diungkapkan Indro Suhito,SH kepada majelis Hakim Pengadilan Negeri Langkat di Stabat yang memeriksanya pada akhir bulan Pebruari 2006 lalu.

Isu yang berkembang di masyarakat Langkat saat itu, Petinggi di Kab.Langkat menjanjikan kepada Bukti Tarigan dukungan dan biaya untuk menjadi Bupati Langkat periode 2009 – 2014. Namun pada pertengahan tahun 2007 lalu, Kejagung RI mencopot Bukti Tarigan, SH karena diduga kuat terlibat penghilangan barang bukti perkara hasil kejahatan berupa 4 Unit Truck Interculer dan 666 bal pakaian bekas dari gudang penitipan barang bukti Kejari Stabat.

Namun pasca dicopotnya Kajari Stabat Dodhy Putra Alpian,SH awal Juni 2008 lalu (http://www.seputar-indonesia.com) karena gagal memenuhi target pemberantasan korupsi, pihak Kejari Stabat mulai sibuk melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah pejabat Pemkab.Langkat diataranya Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) sebagai saksi dalam kasus korupsi yang diduga dilakukan oleh Kakan Satpol PP Kabupaten Langkat, Zulhanuddin SH bersama bendahara Satpol-PP Hasan.

Pemanggilan Sekda Kabupaten Langkat ini, secara resmi tertuang dalam surat panggilan ber Nomor Prin-001N.225/PD.I/05/08. Bahkan beberapa hari sebelumnya Zulhanuddin dan Hasan telah ditetapkan Kejari Stabat sebagai tersangka dalam kasus pembebasan lahan PTPN.II di Langkat tersebut.

Kinerja Polri juga sama dalam hal pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, baca : https://ksemar.wordpress.com/2008/06/14/bupati-langkat-dilaporkan-ke-kpk

Atau : http://www.poskota.co.id/news_baca.asp?id=37893&ik=4

Satu Tanggapan

  1. artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
    http://politik.infogue.com/
    http://politik.infogue.com/rekaman_artalyta_cermin_kinerja_kejaksaan_kita

    anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: