Ketika Jaksa Dituding “Ular”


Ketika Jaksa Dituding “Ular”

Oleh : Togar Lubis

Kisruh di Istititusi Kejaksaan akhir-akhir ini sebenarnya sudah lama diprediksi bakal terjadi. Ibarat Bom, tinggal menunggu meledaknya saja. Dibawah ini kami sajikan sebuah photo unjuk rasa ratusan warga Desa P. Cengal Kecamatan Tanjung Pura di Kantor Kejaksaan Negeri Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara tahun 2004 silam.

Unjuk rasa tersebut terjadi akibat ulah oknum Kajari Stabat yang saat itu dipimpin oleh Bukti Tarigan,SH menangguhkan penahanan 2 orang terdakwa bernama J amian dan Hermansyah. Keduanya adalah terdakwa kasus penipunan dan penggelapan uang warga disana. Keduanya ditangguhkan setelah memberikan uang puluhan juta rupiah kepada sang Kajari.

Sedangkan salah satu terdakwa lainnya bernama Triogo yang berdasarkan BAP Kepolisian dan disangkakan hanya turut membantu penipuan tetap ditahan disebabkan tidak memiliki uang. Triogo juga merupakan Kepala Dusun di Desa tersebut sekaligus pelapor kasus ini. Dirinya melaporkan kasus tersebut karena dia juga menjadi korban penipuan Jamian dan Hermansyah. Dia minta kepada Kepolisian Sektor Tanjung Pura agar menahan dirinya agar aktor kasus tersebut dapat ditangkap dan ditahan. Ya, Triogo adalah pahlawan dimata dan hati warganya, tapi bukan dimata Kejaksaan negeri Stabat.

Akibat aksi unjuk rasa ini, akhirnya Kejari Stabat kembali menahan Jamian dan Hermansyah. Mungkin karena malu, Kajari Stabat Bukti Tarigan, SH menyuruh Jamian dan Hermansyah agar melaporkan Koordinator K-SEMAR Sumut Togar Lubis ke Polres Langkat dengan sangkaan membuat fitnah dan perasaan tidak senang. Togar Lubis akhirnya diperiksa di Polres Langkat sebagai tersangka namun sampai saat ini penyidik tidak dapat membuktikan sangkaannya. Itulah realita hukum di negeri ini.

Satu Tanggapan

  1. Berarti ular itu suka duit, atau senang makan duit, cuna kalau ular disuap kita bisa digigitnya. he he he

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: