PP Penyadapan Tak Halangi KPK


http://www.transparansi.or.id/?pilih=lihatberita&id=6034

PP Penyadapan Tak Halangi KPK

Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia saat ini sedang menggodok Peraturan Pemerintah soal Penyadapan. Dephuk dan HAM menjamin PP Penyadapan itu tidak akan menghalangi kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK sebab KPK bekerja berdasarkan UU No 30/2002.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional Ahmad Mujahid Ramli seusai pelantikan pejabat di lingkungan Dephuk dan HAM di Jakarta, Selasa (9/9).

Ramli menegaskan, Peraturan Pemerintah soal Penyadapan ini bukan untuk menghilangkan kewenangan KPK. ”Sama sekali tidak. KPK punya dasar hukumnya sendiri. KPK bisa melakukan penyadapan sejak saat penyelidikan, penyidikan, maupun penuntutan. Kalau KPK ingin melakukan penyadapan, KPK tak akan terganggu dengan PP ini. Lagi pula sudah ada Surat Keputusan Bersama antara KPK dan Menteri Komunikasi dan Informatika tentang kewenangan-kewenangan untuk menyadap. Jadi sebetulnya PP ini tidak akan tabrakan dengan UU KPK,” kata Ramli.

UU KPK lebih tinggi

Jika ternyata isi PP Penyadapan ini bertentangan dengan UU KPK, lanjut Ramli, yang akan berlaku otomatis adalah UU KPK. ”Sebab, dari hierarki perundang-undangan, UU KPK lebih tinggi hierarkinya daripada PP Penyadapan,” ujar Ramli.

Ramli melanjutkan, PP Penyadapan ini justru melindungi privasi masyarakat dari tindakan sewenang-wenang penegak hukum. ”Jadi, kalau KPK sudah jelas-jelas punya dasar hukum dari UU KPK, PP Penyadapan ini sudah jelas tidak akan mengenai KPK. Tetapi, bila ada orang-orang lain di luar KPK yang melakukan itu, dia akan terkena dengan syarat-syarat itu,” ujar Ramli.

Menurut Ramli, PP Penyadapan ini baru dibuat saat ini karena Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronika baru disahkan April 2008. (VIN)

Sumber: Kompas – Rabu, 10 September 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: