Pelajar SMU Jadi Kurir Ganja


Langkat, Semar News

Pelajar yang terlibat bisnis Narkoba kembali bertambah setelah Polres Langkat mengamankan Nermal alias Apai alias Iwan Saputra (17) pelajar kelas 3 SMU Tarbiyah di Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang. Dari tangan pelajar yang menetap di Pasar I Tandam Hilir, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang ini petugas menyita lima bungkus plastik yang didalamnya berisi daun ganja kering seberat 5 kg.

Saat ditemui Semar News, Kamis (4/12), pemuda berhidung mancung berkulit hitam manis tersebut tengah menjalani proses pemeriksaan diruangan unit sidik Satuan (Sat) Narkoba Polres Langkat. Kepada juru periksa yang menangani perkaranya tersangka mengaku kalau daun haram yang dibawanya itu merupakan kepunyaan Anto (30) warga Marelan Kota-Medan.

Untuk urusan membawa daun ganja tadi tersangka mengaku mendapat imbalan dari Anto sebesar Rp.150 ribu dan masih menerima uang pendahuluan sebesar Rp.50 ribu rupiah. Sedangkan kekurangan uang tersebut baru diterimanya setibanya barang terlarang itu ketempat tujuang di Binjai.

“Saya dijanjikan uang sebesar seratus lima puluh ribu rupiah untuk membawa barang tersebut pak, saya ngak tau kalau barang yang disuruh bawa tadi didalamnya berisi daun ganja, oleh Anto saya baru dikasi uang sebesar lima puluh ribu, sementara sisanya akan dibayar begitu bungkusan sampai ketempat tujuan”, aku Nermal sambil menangis.

Kepada Semar News yang mewawancarainya, putra sulung dari tiga bersaudara inipun mengaku sangat menyesal dengan apa yang telah ia lakukan. Katanya, perkenalannya dengan Anto terjadi secara tidak sengaja ketika ianya baru pulang sekolah. Dalam perkenalan pertama tadi, Anto menawarkan pekerjaan kepada Nermal tanpa mau menyebutkan jenis pekerjaan yang bakal disodorkan.

“Kalau ada kerjaan, kau mau kan”, ujar Nermal mengutip perkataan Anto waktu itu. Selang beberapa minggu kemudian Anto kembali menemui Nermal dan menawarkan kepadanya pekerjaan untuk membawa sesuatu dari Bahorok (Bukit Lawang-red) menuju Kota Binjai. Tanpa curiga sedikitpun, Nermal langsung setuju dengan kerjaan itu.

“Aku ngak tau kerjaan apa yang akan dikerjakan, setiap aku tanya bang Anto, dia bilang tenang aja hingga kamipun berangkat menuju Bukit Lawang, Rabu (3/12) sore dengan mengendarai sepeda motor masing-masing”, jelas Nermal. Sesampainya di kawasan pemandian Bukit Lawang, Anto menyuruh Nermal menungunya dipingir jalan, sedangkan ia turun ke sungai dan mengambil sesuatu. Setelah menyerahkan sebuah bungkusan, Anto langsung meminta Nermal membawanya ke Binjai. “Aku disuruh sama Anto mengantarkan bungkusan itu dan dia memberikan uang Rp.50 ribu sebagai upah awal”, aku Nermal. Merasa curiga dengan bungkusan yang dibawanya, Nermal coba mencari tau isinya dan mendapati kalau tas yang disandangnya berisi daun ganja.

Mengetahui hal tersebut, Nermal jadi “mati ketakutan”. “Aku takut kali begitu tau bungkusan yang kubawa isinya ganja, sangkin takutnya nggak konsentarasi lagi mengendarai sepeda motor hingga terjadi kecelakaan, mau membuangnya aku takut diapa-apain sama pemiliknya, makanya aku ngak tau harus berbuat apa waktu itu”, bilang Nermal yang memiliki hoby balapan liar dijalan raya.

Sementara Kasat Narkoba Polres Langkat AKP Marjo mengatakan atas kasus ini masa depan sekolah pelajar ini terancam. Pasalnya, atas perbuatanya pelaku akan dijerat Pasal 81 ayat (1) huruf a Pasal 78 ayat (1) huruf a Undang-Undang No.22 tahun 1997 tentang Narkotika dengan ancaman 12 tahun penjara.(darwis)

Satu Tanggapan

  1. Terlepas dari alasannya Nermal, kiranya pihak Kepolisian dapat dengan cepat menangkap Anto sebelum semakin banyak anak2 kita yg jadi korbannya.

    Ksemar : Benar pak, kita berharap demikian. tapi ada satu fenomena unik yang sebenarnya sekan jadi tradisi bagi penegak hukum di negeri kita, yaitu biasanya pengedar dibekuk sedangkan bandarnya terkesan dilindungi. terlepas itu semua, terima kasih kami atas kunjungannya.Salam, masyarakat marginal sumut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: