Bantuan Desa Tidak Jelas, Warga Sukamulia Protes


Langkat, Darwis

Sejumlah warga Desa Sukamulia Kecamatan Secanggang, kabupaten Langkat, memprotes tindakan Kades terkait penyaluran biaya Bantuan Desa yang dinilai tidak jelas pengunaanya. Menurut beberapa warga yang enggan menyebutkan identitasnya, Selasa (16/12), bantuan untuk Desa Sukamulia tercatat Rp 25 juta. Sementara yang telah diterima Kades Rp18 juta, tiga pekan silam. Sisanya dijadwalkan terealisasi dalam pekan ini. Namun warga merasa curiga kegunaan uang itu, sebab tidak pernah dimusyawarahkan bersama Kadus maupun tokoh masyarakat setempat.

Salah seorang warga yang bekerja sebagai petani, mengaku pernah mempertanyakan kegunaan uang itu kepada Kades, tetapi yang bersangkutan tidak terima dan emosi hingga terjadi ‘perang mulut’. Kecurigaan masyarakat semakin bertambah setelah permintaan salah seorang warga untuk perbaikan ruas jalan yang berlobang dari uang itu, tidak dipenuhi.

Pihak Kades mengambil kebijakan sendiri dengan menimbun ruas jalan di Dusun III sukamulia, tetapi warga tetap kecewa karena hasilnya tidak memuaskan dan tidak sesuai dengan jumlah bantuan. “ Hingga kini warga maupun perangkat desa tidak pernah diberi tahu kegunaan uang itu.

Otomatis kami kecewa dan mempertanyakannya “ cetus warga lainnya. Kades Sukamulia, Sawon ketika dimintai konfirmasnya pada hari yang sama mengaku telah menerima uang bantuan itu, tetapi membantah menyelewengkannya seperti dugaan masyarakat. ‘’Selain untuk pengerasan jalan, uang itu saya gunakan untuk membeli alat-alat dan mobiler Kantor Desa,’’bilangnya.

Camat Secanggang, Nilawati tidak berhasil dimintai konfirmasinya. Sementara Sekcam, Eliandi mengatakan, sejauh ini pihaknya belum mengetahui kekecewaan warga dan permasalahan itu akan ditindaklanjuti. ‘’Kita akan memanggil Kades yang bersangkutan untuk dimintai keterangannya,’’ tuturnya. (Darwis)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: