RAKYAT TELAH MEMILIH


Bagi yang tak beruntung memenangkan perebutan ini sebaiknya dianggap saja bahwa Tuhan tak menghendakinya untuk anda. Jika masih mempunyai “uang berlebih” bentuk saja yayasan yang bergerak dalam bidang community development dan community organization. Itu identik dengan hasrat anda yang tidak tercapai, dan obsesi anda akan tersalur secara sehat.

Jika tidak ada hal-hal “luar biasa” seperti yang lazim terjadi pada negara-negara yang tak memperdulikan martabat dalam proses demokrasinya, maka kemungkinan besar Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) mewakili Daerah Pemilihan Provinsi Sumatera Utara adalah 4 (empat) di antara 7 (tujuh) besar berikut:

(1) Rahmat Shah
(2) Rudolf Matzuoka Pardede
(3) Darmayanti Lubis
(4) Sumurung PS Harianja
(5) Radesnir
(6) Parlindungan Purba
(7) Arif Sarjono

Calon-calon lain yang bertengger di urutan-urutan berikutnya kelihatannya akan sulit mengejar posisi ketujuh kandidat unggul itu. Kecenderungan kuat hanyalah perebutan di antara Darmayanti Lubis, Radesnir, Parlindungan Purba dan Sumurung PS Harianja untuk kursi ketiga dan keempat. Akan halnya Rahmat Shah dan Rudolf Matzuoka Pardede tampaknya akan leading terus sampai perhitungan final perolehan suara.

Figur, networking dan budgetting

Kombinasi 3 faktor penting (kekuatan figur, kemampuan membentuk dan memberdayakan network serta kemampuan membiayai hal-hal teknis dan non teknis pemenangan) tak bisa diabaikan dalam pemilihan langsung. Selain itu akan ada faktor tambahan misalnya sentimen dan situasi emosional politik yang berkembang pada saat berlangsungnya pemilihan. Akibatnya tidak selalu orang terbaik yang terorbit. Tetapi inilah cerminan masyarakat. Masyarakat dengan kadar tertentu akan melahirkan kadar kepemimpinan tertentu, itu tak mungkin meleset.

Habis manis sepah dibuang. Jangan biarkan pepatah lama itu menimpa seluruh jaringan yang sudah berjasa memenangkan. Atas nama rakyat, mereka sudah bertindak, maka kewajiban memperjuangkan rakyat banyak menjadi bayarannya.

Berapa biaya yang sudah dikeluarkan untuk pemenangan ini? Tentu itu tak akan mungkin sama sekali didapatkan dari laporan yang mereka sampaikan ke KPUD. Seluruh masyarakat tahu itu, siapa pun tahu itu. Lalu mengapa pengorbanan yang begitu besar harus diwujudkan untuk sesuatu jabatan yang amat bersifat ”seolah tak direngges” dalam sistem di negeri ini? Tak usahlah dibahas itu lagi, anggap saja kekhilafan sejarah. Sudah.

Pertanyaan Penting

Bagi ’nBASIS sekarang adalah saat mengajukan pertanyaan: ”apa yang akan kalian kerjakan di lembaga yang mirip LSM yang berkantor di Senayan itu 5 tahun ke depan?”. Jika untuk gengsi belaka, alanglah sia-sianya energi politik rakyat. Amat disadari bahwa pemilihan langsung yang mengunggulkan kandidat-kandidat ini tidaklah sebuah proses rasional dalam pengertian terlalu banyak faktor yang membuat kandidat terbaik tak terpilih.

Tetapi baiklah diajukan usul. Barangkali kalian harus banyak berbicara tentang ”degradasi posisi” Sumut yang terjadi terus menerus dalam berbagai bidang. Kepentingan daerah yang sedang menagih para pemegang mandat saat ini, di antaranya ialah:

Satu Tanggapan

  1. Maz, mbak,, ada award tuh buat kasemar dari blognya vee,, di ambil yaaaah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: