Poldasu Periksa Bupati Tobasa Kamis 30 April 2009 Sebagai Tersangka


Sumber : Media Online Bersama Toba dot Com

Bupati Tobasa, Drs Monang Sitorus, MBA dijadualkan dalam panggilan pemeriksaan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi kas daerah sebesar Rp 3 Milyar, tanggal 30 April 2009.

Surat panggilan itu dilayangkan penyidik sesuai dengan Undang-undang Otonomi Daerah (Otda) yang menyebutkan, jika kepala daerah tersangkut kasus tindak pidana, proses pemeriksaannya harus melalui izin presiden.
Tapi, sesuai Undang-undang tersebut juga disebutkan, apabila sudah lebih 60 hari dari batas waktu pengiriman surat izin permohonan pemeriksaan tidak juga mendapat balasan dari Presiden, maka penyidik berhak melakukan pemanggilan/pemeriksaan terhadap tersangka.

Kabid Humas Poldasu, Kombes Pol Drs Baharudin Djafar, MSi kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (24/4/2009).
mengatakan karena sudah lebih dari 60 hari surat izin permohonan itu diajukan tidak juga mendapat balasan dari Presiden, maka penyidik berhak melakukan pemanggilan. Dikatakan, surat panggilan itu diberikan langsung kepada Bupati Tobasa Drs Monang Sitorus, yang datang ke Mapoldasu pada Kamis (23/4)setelah penyidik menghubungi staf kepala daerah tersebut.

“Setelah diberitahu stafnya, Bupati Tobasa Drs Monang Sitorus SH MBA datang sendiri mengambil surat panggilan itu ke sini (Mapoldasu, red),” jelasnya. Begitupun kata Baharudin, penyidik belum bisa memastikan Drs Monang Sitorus menghadiri panggilan untuk diperiksa sebagai tersangka, apalagi untuk langsung ditahan.

“Kedatangannya belum bisa dipastikan. Kalau untuk penahanan tergantung penyidikannya nanti,” kata Baharudin.
Seperti diberitakan, Bupati Tobasa Drs Monang Sitorus, MBA telah menarik uang untuk keperluan pengurusan Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemegang kas daerah sebesar Rp 3 milyar tanpa persetujuan DPRD setempat.

Dalam penyelidikan kasus dugaan korupsi tersebut, hasil audit Badan Pengawas Keuangan Pembangunan (BPKP) Sumut menyatakan telah terjadi kerugian negara sebesar Rp 3 milyar. Penyidik juga sudah mengirimkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) ke kejaksaan sebagai tersangka Bupati Tobasa, Drs Monang Sitorus, MBA.

Para Kadis di Pemkab Tobasa juga telah dimintai keterangan sebagai saksi. Bahkan, penyidik Poldasu telah mengirimkan pengajuan izin pemeriksaan Drs Monang Sitorus, MBA kepada Presiden.

Satu Tanggapan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: