Menambah Suara Caleg dan Mengurangi Suara Partai KETUA PPK PD. TUALANG DILAPORKAN KE POLRES LANGKAT


Langkat ( )

Ketua PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) Padang Tualang Trisno Hadi Pane, Sabtu (2/5) kemarin diadukan oleh Romelta Ginting, SE (40), warga Desa Paluh Manis, Kecamatan Gebang yang juga merupakan salah seorang caleg DPRD Langkat daerah pemilihan 3 ke Polres Langkat dengan sangkaan melakukan pelanggaran tindak pidana pemilu legislatif dengan cara menggelembungkan suara salah seorang Caleg DPRD Langkat daerah pemilihan 3 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Akibat terjadinya perubahan perolehan suara dari 12 TPS tersebut menyebabkan terjadinya perubahan peringkat suara terbanyak yang diperoleh Romelta Ginting sebelumnya.

Seusai menyerahkan laporan/pengaduan di Polres Langkat kepada wartawan di Stabat, Romelta menerangkan bahwa berdasarkan Berita Acara Pemungutan Suara dan Penghitungan Suara di TPS dalam Pemilu Anggota DPRD Langkat tahun 2009 sesuai dengan surat model C ditemukan perolehan suara untuk seluruh caleg PDIP dan suara partai di Desa Jati Sari, Kec. Padang Tualang sebanyak 213 suara. Dari jumlah tersebut, perolehan suara partai adalah 49 dan perolehan suara caleg nomor urut 7 atas nama Sumanto adalah 135. Namun pada Berita Acara Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara pada Tingkat PPK sesuai dengan surat model DA DPRD Kabupaten/Kota ternyata telah dirubah sehingga total perolehan suara partai dan caleg menjadi 210 dengan perolehan suara partai menjadi 4 dan perolehan suara caleg nomor urut 7 menjadi 201 suara.

Ditambahkan oleh Romelta bahwa hal yang sama juga terjadi di Desa Buluh Telang Kecamatan Padang Tualang. Menurutnya, berdasarkan Berita Acara Pemungutan Suara dan Penghitungan Suara di TPS sesuai dengan surat model C ditemukan perolehan suara untuk seluruh caleg PDIP dan suara partai di Desa Buluh Telang sebanyak 162 suara. Dari jumlah tersebut, perolehan suara partai adalah 43 dan perolehan suara caleg nomor urut 7 atas nama Sumanto adalah 24. Namun pada Berita Acara Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara pada Tingkat PPK sesuai dengan surat model DA DPRD Kabupaten/Kota ternyata telah dirubah sehingga perolehan suara partai menjadi 3 dan perolehan suara caleg nomor urut 7 menjadi 101 suara. Hal yang sama juga terjadi di Desa Suka Ramai, Desa Tebing Tanjung Selamat dan Desa Kuala Besilam.

“Pada hari Kamis tanggal 23 April 2009 lalu sekira pukul 10.00 Wib, saya telah melaporkan dugaan pelanggaran tindak pidana Pemilu Legislatif 2009 yang dilakukan PPK Kecamatan Padang Tualang kepada Panwaslu Kabupaten dengan menyerahkan Foto Copy DA-1 dan surat model C DPRD Kabupaten/Kota Kecamatan Padang Tualang yang terdiri dari Desa Buluh Telang, Desa Jati Sari, Desa Serapuh ABC, Desa Suka Ramai, Desa Tebing Tanjung Selamat dan Desa Kuala Besilam setelah sebelumnya melaporkan hal ini kepada Panwaslu Kecamatan Padang Tualang. Namun Panwaslu Langkat terkesan tidak menindaklajuti dengan alasan saya tidak menyerahkan surat model C DPRD Kabupaten/Kota Kec. Padang Tualang yang asli. Alasan ini menurut saya terlalu aneh, sebab jika mengacu pada pasal 183 dari UU Nomor 10 Tahun 2008 tentang Pemilu kita tidak temukan kalimat foto copy dan yang asli dalam undang-undang tersebut. Lagian Panwaslu kan bisa meminta KPU atau PPK untuk memperlihatkan surat model C aslinya perbandingan” kata Romelta dengan nada geram sambil memperlihatkan copy bukti penerimaan laporan Panwaslu Langkat.

Ketua Panwaslu Kecamatan Padang Tualang Bustami, ketika dikonfirmasi via telepon selulernya, minggu (3/5) membenarkan telah menerima laporan Romelta tersebut pada tanggal 22 April 2009. “Kita ada menerima laporan tentang hal itu dan langsung kita tindaklanjuti dengan menyampaikannya kepada Panwaslu Kabupaten Langkat” kata Bustami.

Romelta minta penyidik Polres Langkat segera melakukan proses hukum terhadap Tersangka dan selanjutnya melimpahkan Berkas Perkaranya kepada Penuntut Umum agar diperoleh kepastian hukum. Tembusan laporan/pengaduan Romelta ini juga telah dilayangkan ke Kapolri, Bawaslu, KPU Pusat, DPP PDIP, Kapoldasu, Kabid. Propam Poldasu, Panwaslu dan KPU Sumut, Kajari Stabat serta Panwas dan KPU Langkat. ( )

Satu Tanggapan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: