4 Tahun Bergulir, Dugaan Ijazah Palsu Gubsu Ngambang


sumber : Pos Metro

Senin, 23 Maret 2009
MEDAN-DUGAAN ijazah palsu H Syamsul Arifin saat pemilihan gubernur lalu, kembali disoal. Koordinator LSM Kelompok Studi Edukasi Masyarakat Marginal (K-SEMAR) Sumut, Togar Lubis, bingung karena kasus yang dilaporkannya pada 2005 lalu, tak kunjung selesai.

K-SEMAR memiliki dokumen berupa salinan ijazah. Dokumen itu awalnya diminta Syamsul kepada SMEA Persiapan Negeri Pangkalan Brandan sebagai almamaternya. Anehnya, meski ditandatangani Kepala Sekolah Ahmad Atan, namun stempel yang tertera adalah stempel SMA dan nomor register tak tertera.

Bahkan, ijazah tanpa foto siswa itupun justru dilegalisir kembali oleh Kepala Sekolah SMA Pangkalan Brandan bernama A Lubis.

Usai diselidiki, K-SEMAR pun melapor ke Mabes Polri soal dugaan ijazah palsu itu. Laporan itu kemudian ditindaklanjuti dengan surat Telegram Rahasia (TR) Mabes Polri yang dilanjutkan hingga ke Polres Langkat. Polres Langkat memang sempat melakukan penyelidikan yang kemudian terhenti tanpa ada penyerahan berkas ke penuntutan maupun Surat Penghentian Penyelidikan Perkara (SP3).

“Itu yang membuat kami menilai kasus ini belum selesai secara hukum. Kalau memang dugaan ijazah palsu itu tak benar, mengapa SP3 kasusnya tak keluar. Kalau kemudian benar, berarti ada kebohongan yang terjadi,” tegas Togar. Dijelaskan Togar lagi, dugaan ijazah palsu ini mulanya dilapor ke Mabes Polri pada hari Kamis, tanggal 2 Juni 2005 lalu oleh LSM K-Semar Kabupaten Langkat.

Menindaklanjuti laporan tersebut, pada tanggal 10 Juni 2005, Kabareskrim Polri mengirimkan Telegram Rahasia (TR) No.Pol. TR/535/DIT-I/VI/2005 kepada Kapolda Sumut. Setelah itu, pada tanggal 14 Juni 2005, Kapolda Sumut dengan TR/578/2005/Bag Analisis, mengirimkan TR Kabareskrim Polri ini kepada Kapolres Langkat. Berdasarkan TR Mabes Polri inilah pada tanggal 7 September 2005, Polda Sumut dengan Surat No.Pol :B./532/IX/2005, ditandatangani oleh Kombes Drs Surya Dharma selaku Direktur Reserse Kriminal, mengundang pihak LSM selaku pelapor pada Hari Rabu, tanggal 14 September 2005 untuk memberikan keterangan sehubungan dengan laporan dugaan Ijazah Palsu H. Syamsul Arifin SE di hadapan penyidik Poldasu.

Dari pemeriksaan inilah diketahui bahwa Dit Reskrim Polda Sumut telah mengeluarkan surat perintah penyelidikan dengan No. Pol. : Sp.-Lidik/14/VII/ 2005/Dit Reskrim, tanggal 6 Juni 2005. Namun sampai saat ini kasus tersebut masih mengendap di Poldasu.

“Kita minta ketegasan Polri dalam menuntaskan kasus dugaan ijazah palsu H Syamsul Arifin SE ini. Bukan untuk kepentingan politik disebabkan yang bersangkutan menjadi salah satu Calon Gubsu periode 2008 – 2013 lalu, tapi agar diperoleh kepastian hukum atas kasus tersebut” kata Togar Lubis selaku Kordinator K-SEMAR Sumut pada POSMETRO MEDAN.

Menurutnya lagi, sehubungan dengan adanya laporan LSM ini, Tritamtomo yang juga calon Gubsu yang kalah dalam kompetisi pemilu Gubernur lalu, pun tak terima atas fenomena itu. Pihak Triben pun mengajukan gugatan secara Perdata ke PN Medan dengan no Reg.No.311/Pdt.A/2008/PN kepada pihak KPU Sumut dan pihak Syamsul yang telah menang dalam pemilu Gubernur dengan memakai ijasah SMEA palsu. “Sewaktu pihak Triben mendaftar gugatan secara Perdata ke PN MEDAN, kami dari LSM pun ikut menjadi saksi waktu itu,”ujar Togar mengakhiri.

Sementara itu, Kabid Humas Poldasu Kombes Pol Drs Baharudin Djafar Msi ketika dikonfirmasi POSMETRO MEDAN, kemarin (22/3) malam, mengaku tidak tahu dan belum paham soal kasus tersebut sehingga tidak bisa berkomentar banyak. “Kalau laporannya tahun 2005, itu kan kasusnya sudah lama dan saya pun belum menjabat di sini. Tapi begitu pun, akan segera saya cek guna mengetahui apa kendalanya dalam kasus ini,” tegas Baharudin. (syahrul/zulfadli)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: