Kejari Binjai Kasasi ke MA, Belum Sah, Vonis Bebas Koruptor Raskin Binjai


sumber : Pos Metro Medan

Sabtu, 27 Juni 2009
BINJAI-MESKI telah divonis bebas di Pengadilan Tinggi (PT) Sumut, tapi Arman Syahril S Sos, terdakwa kasus korupsi penyaluran Raskin (beras miskin) di Kelurahan Binjai Estate, Binjai Selatan, Kotamadya Binjai, belum bisa bernapas lega. Pasalnya, Kejari Binjai yang tak sepakat dengan vonis bebas itu mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA).

“Benar, kita sudah mengirim berkas kasasi ke MA terkait vonis bebas PT Sumut pada terdakwa (eks Lurah Binjai Estate) yang sebelumnya divonis setahun bui plus denda Rp 50 juta oleh Pengadilan Negeri (PN) Binjai,” tegas JPU Kejari Binjai, Rinaldy SH. Sementara itu, pantauan POSMETRO MEDAN, Kamis (25/6) siang, meski tak menjabat sebagai Lurah Binjai Estate, tapi Arman Syahrir, S Sos sudah bekerja di Dinas Sosial Binjai.

Sementara itu, Togar Lubis, Ketua Kelompok Study dan Edukasi Masyarakat Marginal (K-Semar) Sumut yang dikonfirmasi terpisah mendukung upaya kasasi Kejari Binjai. “Dengan kasasi itu, setidaknya masyarakat masih memandang kalau penegakan suvermasi hukum masih berlaku di negeri,” tegas Togar. Lanjut Togar, vonis setahun penjara dan denda Rp. 50 juta yang sempat dijatuhkan hakim PN Binjai dengan No.361/Pid.B/2008/PN-Bj tanggal 24 Februari 2009 lalu sempat mendapat respon positif dari masyarakat terhadap penegakan suvermasi hukum terhadap pelaku korupsi di Binjai.

Apalagi Arman Syahril, Sos didakwa menyelewengkan hak-hak orang miskin. “Seharusnya terdakwa dihukum lebih tinggi lagi, karena diduga menyelewengkan hak orang miskin. Ini nggak, masak dibebaskan. Vonis itu jelas tak memberikan efek jera bagi para koruptor. Bisa-bisa perbuatan korupsi bakal makin marak terjadi di Binjai, wong bebas juga kok,” cibir Togar.

Apalagi lanjut Togar, dengan vonis bebas itu membuat terdakwa kian arogan dengan melayangkan SMS kepada kepling yang bunyinya “Saya sudah bebas dan tak bersalah”. “Ini buktinya hukum tidak ada dan kekuasaan dan uanglah yang berlaku di negara ini,” tandasnya. Sekadar mengingatkan, data yang dihimpun POSMETRO MEDAN dari surat Putusan PT Sumut, setelah hakim PT Sumut melalui surat putusan tanggal 29 Mei 2009 No: 316/Pid/2009/PT-Mdn jo Putusan PN Binjai tanggal 24 Februari 2009 Nomor : 361/Pid.B/2008/PN-Bj yang telah dibatalkan.

PT Sumut melalui hakim ketua, Ponis Tarigan,SH, Prof.DR Jatinar Nababan,SH dan Yasrin Nazir Nasution,SH sebagai Hakim Anggota, menyatakan terdakwa H Arman Syahril,Sos tidak terbukti secara dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana. Dalam uraian surat amar putusan tersebut dinyatakan untuk membebaskan terdakwa dari dakwaan pertama dan kedua, memerintahkan supaya terdakwa dibebaskan dari Rutan serta memulihkan hak terdakwa dalam kemampuan, kedudukan dan harkat serta martabatnya. (Aswin)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: