Diusul Dalam P-APBD 2009, Biaya Hewan Ternak Gubsu Ditanggung Negara, Bah!


sumber : Pos Metro Medan

Kamis, 16 Juli 2009
MEDAN-SETELAH mendapatkan mobil dinas mewah dilengkapi pesawat TV seharga Rp 20 juta, Gubsu H. Syamsul Arifin kembali membuat cerita tak pro-rakyat. Gubsu mengajukan anggaran untuk sejumlah hewan ternak di rumah dinasnya ditanggung oleh negara. Tak tanggung, anggaran untuk pakan ternak senilai Rp 15 juta itu diusulkan dalam P-APBD 2009. Bah!

Hal itu membuat sejumlah anggota DPRDSU berang. Mereka menilai uang negara yang digunakan tidak tepat sasaran. Menurut anggota DPRDSU, Syamsul Hilal, anggaran untuk pemeliharaan dan makan ternak sebesar Rp 15 juta sangat tidak masuk akal.

Karena usulan anggaran terlalu tinggi, Hilal menilai Gubsu kurang arif. Seharusnya, Gubsu selalu bertindak di atas kepentingan rakyat.

“Kalaupun memang betul ada anggaran biaya pemeliharaan hewan dan makanan ternak, apakah memang sebanyak itu?” Hilal menggelengkan kepala, tak habis pikir.

“Jika dilihat dari hewan peliharaan yang ada di rumah dinas itu, rasanya sangat berlebihan. Karena hewan ternak yang ada di rumah dinas Gubsu paling hanya tiga atau empat ekor saja. Makanan mereka pun hanya rumput. Jadi saya rasa anggaran yang diajukan itu sangat berlebihan.”

Karena tak seimbangnya anggaran yang ditetapkan, Hilal menaruh curiga. Ia menduga ada niat mengalokasikan dana itu tidak pada tempatnya. Karena itu, “Saya sarankan pada Gubsu, biaya anggaran untuk pemeliharaan dan makan ternak yang tertuang di P-APBD tahun 2009 mesti diciutkan. Usul saya, tidak mesti ada hewan peliharaan di rumah dinas. Cukup saja kalau ada hewan peliharaan ditempatkan di kebun binatang, karena itu hanya menghabis-habiskan anggaran.”

Sementara, Kabag Rumah tangga (RT) Biro Umum Pemprovsu, Tina Lase, menyatakan, apa yang tertera di P-APBD belum tentu disahkan. Katanya, itu hanya sebatas usulan. Jika memang disepakati, imbuhnya, pihaknya akan menggunakan anggaran itu demi kepentingan hewan peliharaan di rumah dinas Gubsu.

Tina mengaku, keberadaan hewan di rumah dinas itu sudah ada sejak pejabat Gubsu terdahulu. “Yang jelas, untuk biaya pemeliharaan makanan ternak Rp 15 juta masih dalam acuan. Persoalan disetujui, kita serahkan ke dewan,” tandasnya. (kali)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: