Kepala Inspektorat Langkat terancam dipidana?


Sumber : WASPADA ONLINE

STABAT – Pascatudingan pengurus Kelompok Study dan Edukasi Masyarakat Marginal (K-SEMAR) Sumut, tentang keberadaan Inspektorat Kabupaten Langkat hanya membebani APBD karena sejumlah laporan auditnya diduga palsu, mendapat tanggapan dari praktisi hukum di Binjai.

Menurut Ahmad Yuni, pagi ini, salah satu contoh audit yang diduga palsu mengenai program ICT dan revitalisasi di SMK Stabat tahun 2008.

Ketika itu pihak Inspektorat melakukan pemeriksaan pengadaan ICT dengan No : INSP. 03/LHP/2008 bertanggal 25 Februari 2008 dengan petugas pemeriksa Abdul Rahman, dan Giratnoto.

Dari hasil pemeriksaan yang ditandatangani kepala Inspektorat Kab. Langkat, Sedar Sembiring menyebutkan, pengadaan revitalisasi dan ICT sesuai program dan hasilnya telah dinikmati siswa.

Namun tanpa diduga setelah dilaporkan masyarakat kepada Penyidik Kejari, terdapat penyimpangan hingga menjadikan Kepala SMK Stabat, SU, ditetapkan tersangka dan kini ditahan di Rutan Tanjungpura terkait dugaan korupsi program itu..

Secara terpisah pengurus LSM lain menanggapi, jika benar laporan audit palsu dan dibuat hanya untuk pemeriksaan administratif sekadar formalitas, pemeriksa bersangkutan dapat dijerat sanksi pidana sebagaimana ketentuan dalam Undang-undang Tindak Pidana Korupsi.

“Sebaiknya tersangka SU selaku mantan Kepala SMK mengadukan auditor Inspektorat Langkat ke penyidik agar dilakukan proses hukum sehingga diketahui apakah hasil audit benar atau palsu,’’ katanya..

Jika tidak kakan Inspektorat Langkat selaku penanggungjawab auditor harus mempertahankan hasil pemeriksaan di hadapan majelis hakim pekan depan saat sidang kasus itu.
(dat04/ann)

Berita lain dengan Topik sama :
Online Madani : AUDITOR INSPEKTORAT LANGKAT BISA DIPIDANA

Harian SIB : Praktisi Hukum : Bila Terbukti Audit Palsu, Inspektorat Langkat Dapat Diancam Pidana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: