Kado Hari Anak Nasional di Langkat Segera Bentuk KPAID Langkat, Lebih Cepat Lebih Baik


Langkat ( )

Pembentukan Komisi Perlindungan Anak Indonesia Indonesia Daerah (KPAID) Langkat dianggap perlu segera direalisasikan. “Segera bentuk KPAID Langkat Lebih Cepat Lebih Baik dan jadikan itu sebagai Kado Hari Anak Nasional di Langkat” kata Koordinator Kelompok Studi dan Edukasi Masyarakat Marginal (K-SEMAR) Sumut, Togar Lubis, Selasa, (22/7) di Stabat. Pernyataan ini dilontarkan K-SEMAR Sumut menyikapi makin maraknya praktik trafficking (perdagangan manusia) di Sumatera Utara khususnya di Langkat.

Berdasarkan data yang dihimpun Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA) Sumut, terhitung Januari-November 2008 tercatat 373 kasus kekerasan terhadap anak, meningkat dari tahun sebelumnya 308 terhitung Januari-November 2007. PKPA menangani 130 kasus kekerasan pada anak tahun 2008. Sementara data KKSP menyebutkan, 62 kasus kekerasan terhadap anak sepanjang 2008. Sedangkan Pusaka mencatat 239 kasus kekerasan terhadap anak. Dari jumlah tersebut pemasok terbesar kasus kekerasan adalah Medan , Tanjung Balai, Deli Serdang dan Langkat.

“Kita berharap dengan terbentuknya KPAID Langkat kasus-kasus kekerasan atau pencabulan terhadap anak yang penanganannya “mengambang” ditingkat penyidikan tidak terjadi lagi. Seperti kenyataan pahit yang menimpa Nur (14), gadis malang asal Kecamatan Babalan, Langkat yang tujuh kali disangka dicabuli Khairul (32), pria beristri warga Desa Teluk Meku, Dusun II Pangkalan Brandan, Kecamatan Babalan, Langkat meski sudah mengadu ke Polsek Brandan sebulan lalu tapi, hingga kemarin laporan gadis malang itu tak terkesan tidak ditanggapi polisi” kata Togar berharap.

Aktivis yang kerap mendampingi korban kasus anak di Langkat ini juga berharap agar Pemkab. Langkat kiranya memberikan perhatian serius terhadap persoalan trafficking tersebut. “Kami kira tidak ada salahnya jika Pemkab. Langkat menyisihkan sebagian APBD untuk biaya Operasional KPAID Langkat jika nantinya terbentuk,” tegasnya. ( )

2 Tanggapan

  1. Selamat semoga KPAID nya bener2 berfungsi.. Selamat Hari Anak Nasional.. Jayalah Anak Indonesia

  2. Selamat sudah ada terbentuk KPAID Langkat
    Good Luck… and Sukses memperjuangkan Hak-Hak Anak…

    Yth. Sdr. Saung dan Agoesman : Masalahnya rencana pembentukan KPAID itu hanya tinggal rencana dan sampai saat ini belum terealisasi. untuk itu kita berharapa seger a dibentuk. trims tas kunjungannya dan salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: