Takut Biaya Pirngadi Mahal, Ayah Pulangkan Bayi Kritis


Reza dibawa pulang orangtuanya akibat takut biaya mahal.

Reza dibawa pulang orangtuanya akibat takut biaya mahal.

Sumber : Pos Metro Medan

Kamis, 30 Juli 2009 | 10:53

MEDAN-DILEMA dialami Ujang Firman (40), warga Jalan AR Hakim, Gang Seto, Medan. Khawatir tak mampu membayar uang perobatan, pedagang nasi ini memilih membawa pulang anaknya, Reza Akbar, kemarin (29/7). Padahal, bayi 1 tahun itu harus mendapat perawatan medis. Pasalnya, kemaluan dan duburnya yang tersiram air panas tak bisa berfungsi dengan baik.

“Kata dokternya anak saya harud diopname. Dokter itu juga menyarankan kami untuk mengurus kartu Medan Sehat. Katanya, jika kartu itu sudah selesai, kami nggak perlu bayar. Tapi tetap saja suami saya nggak mau. Dia takut nggak bisa bayar. Kalau kartunya bisa diurus, kalau tidak, kan bisa gawat,” ujar Meli (38), ibunya Reza.

Meli mengisahkan, tiga hari lalu ibunya atau neneknya Reza, Rosnani (70), memasak air. Setelah mendidih air itu diletakkan di bawah, tepat di samping pintu. Lalu ia ke ruang tamu. Sementara air panas itu dibiarkan di bawah.

“Ibu saya lupa. Karena katanya waktu itu ada yang manggil. Jadi dia ke depan. Tapi saat dilihat, ternyata tak ada,” ucap Meli.

Saat Rosnani berada di ruang tamu, Reza yang baru belajar jalan mendekati ceret yang berisi air panas itu. Saat itu juga Reza menyentuh ceret hingga terbalik dan mengguyur kemaluan dan duburnya.

Detik itu juga Reza menjerit. Mendengar tangisan itu, Rosnani dan Meli (38) berlari menyusul Reza ke dapur. Tubuh Reza yang terkena air panas melepuh. Untuk mengobatinya, Meli membeli salep di apotik dekat rumahnya. Kemudian, karena suhu tubuh Reza tinggi, Meli membawa anaknya ke bidan. Menurut Meli, sejak kejadian naas itu, Reza selalu menangis setiap buang air besar. Terlebih saat buang air kecil, keluarnya selalu tersendat-sendat. (widya)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: