Korupsi Dana Bansos 30 M, Mantan Kandepag Langkat Jadi Tersangka


Sumber : Sumut Pos

LANGKAT– Satu per satu pejabat di lingkungan Kantor Departemen Agama (Depag) Kabupaten Langkat dijerat kasus dugaan korupsi penyaluran dana bantuan sosial (Bansos) kepada guru yang bernaung di bawah instansi vertikal ini.

Setelah menetapkan Ilyas Lubis (Kepala Kantor Depag Langkat) sebagai tersangka, kini giliran JS (Kepala Kantor Depag Langkat sebelum Ilyas Lubis) ditetapkan sebagai tersangka.

Dari hasil penyelidikan diduga JS terlibat dalam hal pemotongan dana bantuan honor guru yang merugikan negara sebesar Rp3,4 miliar.

“Memang bantuan sosial bagi para guru di Depag itu ada empat termin, tiga termin di masa kepemimpinan JS dan satu termin dimasa Ilyas Lubis,” kata RV Latumeten, Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Kejari Stabat saat berbica kepada wartawan koran ini di PN Stabat usai sidang terdakwa Azizah.
RV Latumeten merupakan tim yang dihunjuk untuk menangani kasus ini. Sebelum ditetapkan sebagai tersangka, JS telah menjalani penyelidikan di Kejari Stabat. Hanya saja dalam pemeriksaan sebelumnya, JS hanya sebatas saksi.

RV Latumeten menuturkan, meskipun sudah ditetapkan sebagai tersangka namun JS belum ditahan. Ketika didesak kapan penahanannya, RV Latumeten tidak bisa menjawab.

Seperti diketahui, bantuan sosial yang diduga dikorupsi itu adalah dana APBD Langkat TA 2008 yang berada di Pos Sekretariat Daerah sebesar Rp30 miliar. Selain dana bantuan sosial bagi para guru di Depag Langkat, dana ini juga mengalir ke Kesbanglinmas Langkat dan Muspida Langkat.

Dalam kasus ini, sudah ada 1.200 saksi dihadirkan untuk menguatkan dugaan korupsi dana bantuan sosial ini. Mayoritas saksi berasal dari kalangan guru. (ndi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: