Klaim Gaji Karyawan Digunakan ‘tuk Biaya Balon Walkot Binjai, Ratusan Karyawan Ancam Demo dan KPK-kan Dirut PD Pembangunan


sumber : Pos Metro Medan

Senin, 10 Agustus 2009
BINJAI-BOSAN dengan janji palsu managemen PD Pembangunan Binjai yang tak kunjung membayar gaji dan tunjangan yang tertunggak, ratusan karyawan perusahaan plat merah itu ancam melakukan aksi demo besar-besaran, dan melaporkan Dirut PD Pembangunan, Nazri Kamal ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Demikian ungkap Kepala Protokoler/Koordinator Keamanan dan Kepala Diklat PD Pembangunan, T.M Syahril pada POSMETRO MEDAN, Jumat (7/8) siang. “Sampai saat ini, 3 bulan gaji dan 6 bulan tunjangan struktural kami belum dibayar. Padahal sebelumnya PD Pembangunan janji bakal melunasi tunggakan itu tanggal 5 Agustus 2009 kemarin. Tapi nyatanya apa, sampai saat ini tak ada realisasinya,” kesal Syahril yang diamini pegawai lainnya.

“Ini bukan sekedar ancaman basa-basi, yang tujuanya menakut-nakuti saja. Tapi kami serius akan melakukan aksi ini. Karena karyawan sudah muak dan capek makan janji-janji palsu PD Pembangunan Binjai. Sebelumnya Dirut PD Pembangunan janji membayarkan gaji dan tunjangan karyawan tanggal 28 Juli lalu dan diundur lagi tanggal 30 Juli sampai yang terakhir katanya akan dibayarkan tanggal 5 Agsutus lalu. Tapi buktinya mana, sampai sekarang gaji itu tak cair juga, kalau begini siapa yang tak kesal,” beber Syahril.

Dikatakannya, gaji karyawan yang kini sudah memasuki bulan ke empat akan dibayarkan Jumat (7/8) lalu, tapi ditunggu-tunggu tak ada kejelasan juga.

Sementara saat masalah itu ditanya, Dirut selalu memberikan alasan yang tak masuk akal. “Kalau melihat pimpinan kami itu aku sudah malas karena hanya emosi saja yang ada kalo ketemu dengan Nazri Kamal, jadi setelah ku Tanya dengan anggota aku katanya akan dibayar hari Jumat cuma nggak diketahui hari Jumat kapan dan tanggal berapa, karena hingga kini kami belum menerima gaji,” bilang Syahril sambil menjelaskan dari enam unit usaha PD Pembangunan tak satupun berjalan sesuai dengan harapan untuk peningkatan kesejahteraan karyawannya.

Sementara itu Kabid Bagian Usaha PD Pembangunan, M Jend Hutabarat saat dikonfirmasi POSMETRO MEDAN justru membantah dan mengaku penunggakan gaji dikarenakan usaha yang tidak lancar itu tidak benar.

“Gaji karyawan telah dibayar tanggal 5 Agustus lalu, mungkin karyawan itu adalah karyawan yang memang tak mau mengambil gajinya, kan nggak mungkin kita yang mengantarkan gaji yang belum diambil kepada yang bersangkutan,” sangkal Hutabarat.

Syahril sendiri saat ditanya mengapa gaji belum dibayarkan juga menduga gaji karyawan tlah habis digunakan untuk kepentingan pribadi Dirut PD Pembangunan yang mendaftarkan di bursa Balon Walikota Binjai. “Ya kalo saya pribadi menduga gaji karyawan telah habis digunakan untuk kepentingan pribadi Dirut PD Pembangunan yang mencalonkan diri menjadi Balon Walikota Binjai, seperti memberikan bantuan kepada masyarakat untuk menarik simpatilah,” pungkasnya sekaligus berharap dan meminta Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Pemprovsu melakukan audit ke PD Pembangunan Binjai.

Anggota Pansus DPRD Kota Binjai, Cukup Sinuraya yang mengaku sedang membahas permasalahan PD Pembangunan bersama beberapa Tim Pansus DPRD yang lainnya mengatakan, akan berupaya mencari solusi untuk menyelamatkan nasib karyawan PD Pembangunan dan berupaya melakukan perbaikan terhadap perusahaan yang terancam gulung tikar tersebut.

“Dalam masalah ini kita melalui anggota Pansus DPRD Kota Binjai yang lain masih membahas terkait permasalahan yang ada di PD Pembangunan, di mana saat ini kita sedang menunggu perusahaan memberikan laporan yang sudah diaudit BPK, karena tanpa laporan tidak bisa dilakukan evaluasi terhadap PD Pembangunan, dan diharapkan secepatnya kita akan menerima laporan tersebut,” tandas Cukup. (Aswin)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: