Kasek SD 020255 Dipolisikan Wali Murid, Hak Rakyat Miskin Binjai Digelapkan


sumber : Pos Metro Medan

Jumat, 14 Agustus 2009
BINJAI-UPAYA pemerintah untuk meringankan beban warga miskin Binjai dalam mengecap pendidikan melalui program beasiswa tak semulus yang diharapkan. Bantuan yang seharusnya diterima murid miskin itu justru digelapkan.

Dugaan perampasan hak rakyat miskin ini terungkap ketika dua wali murid SD 020255, Kelurahan Nangka, Kecamatan Binjai Utara melaporkan Yulmarni, Kasek itu ke Polresta Binjai, kemarin (13/8) siang. Dalam laporan No. Pol. LP/698/VIII/2009/SPK “B” Reskrim tertanggal 13 Agustus 2009.

Ke dua wali murid itu datang bersama anak mereka yang masih mengenakan seragam sekolah didampingi dua oknum guru kelas yang siang itu langsung diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan penggelapan dana beasiswa senilai Rp 3,6 juta untuk 10 murid miskin tahun 2009.

Saat ditemui POSMETRO MEDAN kedua guru yang enggan namanya dikorankan dengan dalih segan pada Kasek Yulmarni mengatakan, di sekolah tempat mereka mengajar didata ada 10 murid yang menerima beasiswa, dengan jumlah masing-masing Rp 360 ribu’murid yang disalurkan melalui PT Pos Indonesia cabang Binjai. Namun hingga saat ini, bantuan itu tak diserahkan ke murid yang berhak. “Kami berdua mendampingi wali murid beserta dua orang anak didik tersebut hanya sebagai saksi, yang menjelaskan bahwa seharusnya dana beasiswa miskin itu sudah diterima sejak akhir Juli lalu. Namun sampai Agustus ini, ke sepuluh murid belum menerima haknya. Makanya kami hanya sebagai saksi,” ujar kedua guru itu.

Soal belum cairnya beasiswa itu diakui juga oleh wali murid Jumiati (37) warga Jalan Cemara, Kelurahan Nangka, Kecamatan Binjai Utara. Dikatakan Jumiati, hingga saat ini anaknya M Faisal (6), siswa Kelas I SD 020255 Kelurahan Nagka, Kecamatan Binjai Utara belum memperoleh beasiswa miskin sebesar Rp 360 ribu. Padahal, lanjutnya sesuai informasi yang mereka terima dari pihak PT Pos Indonesia Binjai, dana tersebut sudah diserahkan ke Kasek yang bersangkutan tanggal 28 Juli 2009 lalu.

“Seharusnya anak kami telah mendapat beasiswa itu sejak tanggal 28 Juli lalu. Anehnya, Kasek malah menghindar saat mau kami temui. Karena itu sudah 2 minggu kami tak juga mendapatkan keputusan apa pun dari pihak sekolah. Karena itulah kami memilih melapor ke polisi, karena ini kan namanya penggelapan, karena beasiswa itu kan hak anak kami. Kami orang susah pak, kami juga mau mengecap pendidikan, dengan beasiswa itu banyak yang dapat kami gunakan demi kemajuan anak-anak kami dalam menimba ilmu,” bilang Jumiati.

Meliza Citra (11), murid kelas IV yang seharusnya menerima mengatakan yang siang itu datang bersama neneknya Nurmanis (65) di ruangan Unit I Reskrim Polresta Binjai mengaku belum mendapat beasiswa miskin sebesar Rp 360 ribu yang pertama kali ini diterimanya. “Aku pertama kali menerima beasiswa ini, tapi sampai sekarang ini belum dapat, padahal kalo beasiswa itu ada aku mau beli sepatu aku yang sudah koyak, baju sekolah, tas dan lain-lain. Karena sampai saat ini uangnya nggak ada ya ditunda dululah, nggak tau ke mana uangnya kata guru-guru uangnya udah diberikan tapi kok nggak ada,” beber Citra.

Terpisah Kepala Pelayanan PT Pos Indonesia cabang Binjai, K Sinaga saat ditemui POSMETRO MEDAN di kantornya mengaku, telah menyalurkan beasiswa itu ke SD 020255 Kelurahan Nangka, Kecamatan Binjai Utara dananya sudah diberikan untuk 10 siswa dan diambil langsung oleh Kasek yang bersangkutan tanggal 28 Juli lalu. “Beasiswa ini merupakan beasiswa miskin yang diberikan kepada murid yang kurang mampu, dalam hal ini kita dari PT Pos Indonesia yang menyalurkan kepada masing-masing penerima di seluruh Sekolah Dasar (SD) se-Kota Binjai, untuk SD 020255 Kelurahan Nangka, Kecamatan Binjai Utara telah kita berikan dan diambil langsung Kasek bersangkutan (Yulmarni-red),” bilang Sinaga. Kapolresta Binjai AKBP Roberts K,SIK,SH saat dikonfirmasi mengataka, sampai saat ini pihaknya masih menyelidiki kasus itu. (aswin)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: