Seputar Sidang Korupsi DKP Binjai, Aminuddin Buka Kartu, Kejari, Kodim, Polisi Kebagian Jatah


Sumber : Pos Metro Medan

Sabtu, 15 Agustus 2009
BINJAI-Sidang dugaan korupsi senilai Rp 3 miliar di Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Binjai kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Binjai, Rabu (12/8) pukul 11.00 WIB.

Sidang kemarin, mengagendakan mendengarkan keterangan terdakwa Aminuddin terkait dugaan tindak pidana korupsi tersebut. Dalam keterangannya, Aminuddin mengaku mendapat 10 persen dari setiap kegiatan, dan uang itu dibagikan kepada 329 pegawai di DKP, baik PNS maupun tenaga honor.

“Saya memang ada dapat bagian dari proyek tersebut, tapi bagian saya itu saya bagi-bagikan lagi kepada anggota saya, sebab gaji anggota saya hanya Rp 400 ribu,” ujar Aminuddin. Aminuddin menambahkan, barang-barang proyek yang ada di DKP seperti lampu untuk penerangan jalan dan sebagainya, banyak diminta oleh intansi lain seperti Kodim, Polisi, Kejaksaan dan intansi lainnya.

“Uang bagian saya itu juga habis untuk menutupi barang-barang yang diminta intansi lain. Proposal Kejaksaan yang meminta lampu masih ada sampai sekarang sama saya,” ucapnya. Menurut Aminuddin, kerugian negara yang terjadi dalam kasus yang dihadapinya ini bukan karena pengadaan barang fiktif, melainkan kebutuhan barang yang mendadak dan sangat dibutuhkan, seperti kerusakan mobil angkutan sampah yang mogok di tengah jalan sehingga anggota terpaksa diperintahkan untuk mengutang ke toko sparepart.

“Kejadian itu sering terjadi dan utang di toko sampai ratusan juta,” ungkapnya. Menyikapi keterangan Aminuddin, Ketua Majelis Hakim Tinuk Kushartati menilai, hal itu hanya alasan saja. “Dalam proyek ini, saudara tidak berwenang untuk memerintahkan anggota untuk mengambil barang di toko, sebab masih ada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang berhak memerintahkan hal itu, bukan saudara,” tegas Tinuk. Ketua majelis Hakim menunda sidang, Rabu (26/8) mendatang. (smg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: