Dinas P dan P Babalan Dukung Kutipan di SN


sumber : Pos Metro Medan

Senin, 24 Agustus 2009
LANGKAT-MESKI program sekolah gratis sudah ditetapkan, tapi beberapa sekolah negeri (SN) di Kecamatan Babalan, Langkat, pihak sekolah masih melakukan pengutipan. Parahnya, hal itu mendapat dukungan dari Kepala KUPT Dinas P dan P Babalan Syahrul Edy.

“Kalau memang sudah mendapat dukungan dari komite sekolah dan wali murid, semua kutipan tidak menjadi masalah. Tapi jika tidak ada, maka itu menjadi masalah besar,” jawab Syahrul menanggapi kutipan di SDN 056036 Bukit Sentang, Kec. Babalan dan SMPN 1 Pangkalan Susu.

Hasil penelusuran POSMETRO MEDAN, di SDN 056036 Bukit Sentang, Kec. Babalan, pihak sekolah melakukan pengutipan sebesar Rp 75 ribu per siswa. Kutipan itu berdalih untuk membeli baju olah raga.

Hal serupa juga terjadi SMPN 1 Pangkalan Susu. Para siswa dibebani Rp 210 ribu. Dalih pihak sekolah, kutipan sebesar itu dipergunakan untuk membeli baju olah raga dan uang pembangunan sekolah. Dalam memuluskan kutipan itu, komite sekolah pun dijadikan sebagai ‘senjata’.

Kepala sekolah SMPN 1 Pangkalan Susu, Drs Fahri tidak memungkiri semua kutipan tersebut. Menurutnya, sebelum kutipan diberlakukan, pihaknya telah meminta persetujuan komite sekolah dan para wali murid.

“Memang kita ada melakukan pengutipan, tapi sudah disetujui oleh pihak komite dan wali murid. Jika memang ada yang keberatan, silahkan saja buat surat miskin dan tunjukan kepada kita. Pihak sekolah akan turun langsung untuk memastikan itu,” tegasnya.

Jika pengutipan tersebut tetap berlangsung, bisa dikatakan program sekolah gratis di Bumi Langkat hanya sekedar wacana. Padahal, pemerintah telah menaikkan alokasi anggaran dana melalui dana biaya operasional sekolah (BOS) sebesar 20 persen.(darwis)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: