Pungli Uang Bangku di SDN 026977,Bukti Dinas P dan P Binjai Bobrok


sumber : Pos Metro Medan

Senin, 24 Agustus 2009

BINJAI-MARAKNYA pungli di Dinas Pendidikan dan Pengajaran (Disdikjar) Binjai adalah bukti lembaga pendidikan telah terkontaminasi dengan urat-urat KKN, dan pungutan uang bangku yang terjadi di SD 026977 Kelurahan Suka Ramai, Kecamatan Binjai Barat juga tak terlepas dari bobroknya kwalitas pendidikan di Binjai.

Demikian kata Togar Lubis, Ketua Ksemar Sumut pada POSMETRO MEDAN, Jumat (21/8) siang. “Pungutan uang bangku Rp 32 ribu adalah tindakan liar yang memberatkan wali murid. Meski mereka ngaku tak keberatan, itu mereka ucapkan karena terpaksa. Mengingat sekolah itu yang terdekat dari tempat tinggal mereka, jadi dipandang dari sisi efisiensi biaya, namun di balik itu masyarakat luas menilai program pendidikan gratis bagi sekolah dasar adalah omong kosong. Apalagi praktek itu dipandang sebagai hal biasa oleh Dinas P dan P. Itulah yang disebut sebagai bentuk kebobrokan karena pada dasarnya Dinas P dan P Binjai tak mampu melakukan pemantauan terhadap masalah ini,” tandas Togar.

Ditambahkannya, pungli memang sangat rentan terjadi di instansi pemerintahan, namun hal tersebut sangat halus untuk diungkapkan, melihat kondisi sosial masyarakat yang tidak mendapat penerangan tentang pemaparan hukum dan peraturan Undang-undang. “Pungli bukan rahasia umum lagi di instansi pemerintahan. Pungli di SD itu terjadi karena sudah ada jaringan yang terorganisir seperti adanya Komite Sekolah yang mencari keuntungan dari proyek terselubung yang ada di lingkup pendidikan saat ini,” tukas Togar.

Rahmat Saleh, Kepala Bidang Dinas P dan P Binjai, saat dikonfirmasi POSMETRO MEDAN mengatakan, pihaknya telah memanggil Gollin Pane, Kasek SD 026977 Kelurahan Suka Ramai, Kecamatan Binjai Barat. “Kita telah memanggil Kasek tersebut guna menjelaskan terakit pungutan uang bangku itu, tapi berdasarkan keterangan Kasek. Pungutan uang itu telah ia koordinasikan dengan pihak Komite Sekolah yang disetujui oleh wali murid yang bersangkutan, makanya saya bilang udah jumpai aja wartawannya,” bilang Rahmat. (aswin)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: