Dugaan Korupsi Rp,102 Miliar Kejagung Didesak Ambil Alih Dari KPK


sumber : harian global

Written by M Arfan Lubis
Wednesday, 02 September 2009 09:20

Kelompok Studi dan Edukasi Masyarakat Marginal (K-SEMAR) Sumatera Utara mendesak Kejaksaan Agung RI untuk mengambil alih penanganan kasus dugaan korupsi kas Pemkab Langkat TA 2000-2007 senilai Rp 102,7 miliar dari KPK.

Pasalnya, hampir setengah tahun sejak kasus mega korupsi ini dilaporkan oleh BPK RI Prof Dr Anwar Nasution ke KPK tanggal 16 Maret 2009 lalu, namun hingga kini belum ada tanda-tanda bahwa kasus tersebut ditindaklanjuti.

Berdasarkan laporan itu juga diketahui bahwa sehubungan dengan penggunaan kas daerah tersebut, mantan Bupati Langkat yang kini menjabat Gubernur Sumut H Syamsul Arifin SE telah menyetor uang ke kas daerah Pemkab Langkat sebesar Rp30 miliar, yaitu Rp 15 miliyar pada 9 Pebruari 2009 dan sebesar Rp15 miliar pada 16 Pebruari 2009.

“Jika institusi ini sudah menyatakan telah terjadi kerugian negara/daerah, seharusnya tidak ada alasan bagi KPK untuk tindak sesegera mungkin menuntaskan kasus tersebut,” kata Koordinator K-SEMAR Sumut, Togar Lubis kemarin di Stabat.

Ditambahkan oleh Togar Lubis, bahwa kasus dugaan tindak pidana korupsi Rp102 miliar Kas Pemkab Langkat ini mungkin merupakan kasus terbesar dalam kurun waktu 10 tahun terakhir di Sumatera Utara.

Jadi, menurut Togar, dengan tidak dituntaskannya kasus tersebut oleh KPK akan memunculkan asumsi bagi publik bahwa terjadi “dugaan suap” terhadap oknum-oknum di KPK dalam penanganan kasus ini.

“Sebaiknya KPK menyerahkan kasus tersebut kepada Kejaksaan Agung atau KPK harus segera menuntaskannya agar tidak muncul asumsi negatif di tengah-tengah masyarakat,” ujar Togar Lubis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: