LSM Geram, ICW Ada di Langkat


sumber : Pos Metro Medan

Senin, 14 September 2009

LANGKAT-SEJUMLAH LSM yang terdiri dari TOPPAN-RI, GATWAMTRA, GOPPAN-RI dan Komid SBY mengecam tindakan oknum yang mencatut nama besar dan singkatan ICW untuk kepentingan sebuah organisasi yang berkantor di Jalan Proklamasi Stabat, Kabupaten Langkat.

Kecaman ini disampaikan Ketua LSM TOPPAN-RI Langkat, Rusli Sinaga, Wakil Direktur Eksekutif LSM GATWAMTRA, Ikhwan Razali Purba, Ketua Umum DPP GOPPAN-RI, Sofyan R dan Ketua Komid SBY Langkat, Torang Hutajulu pada POSMETRO MEDAN kemarin di Stabat. Menurut Rusli Sinaga, mengacu kepada klarifikasi yang telah dikeluarkan ICW tanggal 14 Agustus 2009 lalu melalui situs http://antikorupsi.org menyebutkan, bahwa ICW tidak memiliki cabang di daerah manapun dan ICW hanya ada di Jakarta di JaLan Kalibata Timur No IV/D Jakarta Selatan.

Klarifikasi tersebut dikeluarkan ICW sehubungan dengan banyaknya pihak yang menggunakan nama ICW di daerah seolah itu adalah Indonesia Corruption Watch (ICW) untuk melakukan pemerasan, perbuatan yang melanggar hukum dan di luar etika. Pihak ICW juga mengharapkan agar semua pihak berhati-hati atau melaporkan oknum-oknum yang mengaku perwakilan atau pengurus ICW di daerah tersebut ke polisi. “Pengurus ICW Langkat seharusnya mengklarifikasi pemakaian singkatan tersebut kepada instansi pemerintah, BUMN, perusahaan swasta, sekolah-sekolah serta masyarakat Langkat agar tidak menimbulkan kerancuan dan image bahwa mereka seolah-olah adalah perwakilan ICW Jakarta yang sangat terkenal sebagai sebuah LSM penggiat anti korupsi di Indonesia,” tegas Rusli Sinaga.

Hal yang sama juga dikatakan Wakil Direktur Eksekutif LSM GATWAMTRA, Ikhwan Razali Purba. Aktivis yang merupakan mantan Ketua Banteng Muda Indonesia (BMI) Langkat yang terkenal dengan aksi demonya beberapa tahun lalu di Langkat ini malah mencurigai ada niat-niat tertentu bersifat negatif sehingga oknum-oknum tersebut membentuk organisasi dengan memakai singkatan ICW. “Pemakaian nama ICW sebagai singkatan salah satu organisasi di Langkat merupakan bentuk ketidakmampuan oknum-oknum tersebut untuk menunjukkan kinerja dan jati diri mereka sebagai pengurus sebuah LSM sehingga berlindung dibalik nama besar ICW,” kata Ikwan Purba diamini Ketua Komid SBY Langkat, Torang Hutajulu.

Sementara Ketua Umum DPP GOPPAN-RI Sofyan R malah menyatakan bahwa pihaknya saat ini sedang mengumpulkan informasi tentang sepak terjang oknum ketua atau orang yang mengaku koordinator ICW daerah Langkat berinisial Mas alias Dim yang diduga sering melakukan perbuatan pidana di Langkat. “Dari informasi yang kita kumpulkan terdapat sejumlah kasus penipuan yang diduga dilakukan oleh Mas als Dim terhadap beberapa warga Langkat. Jika bukti-buktinya sudah cukup, kita akan dampingi korban aksi penipuan tersebut untuk membuat laporan pengaduan ke Polres Langkat dan diharapkan agar penyidik segera menangkap dan menyeret serta menjebloskan tersangkanya ke penjara,” bilang Sofian R dengan nada geram.

Sementara Mas’ud MZ alias Dimas (32), warga Perumahan Asabri, Desa Air Hitam, Kecamatan Gebang, Langkat yang mengaku sebagai Koordinator ICW Langkat, ketika dikonfirmasi POSMETRO MEDAN, kemarin (13/9) siang, malah menjawab enteng kecaman yang dilayangkan beberapa LSM di Langkat terhadap ICW yang dinahkodainya itu. “Kalau masalah pengunaan nama ICW yang disoal, itu kan sah-sah saja. Memang kenapa rupanya, yang perlu diketahui oleh kalangan LSM di Langkat, ICW Langkat bukanlah bagian dari ICW yang ada di Kalibata-Jakarta. ICW di Langkat memiliki kepanjangan Indonesian Corruption Wact yang berkantor pusat di Jalan Setia No.8 C Gaperta Ujung. Sedangkan ICW di Kalibata kepanjangannya Indonesia Corruption Watch. Kalau Langkat Indonesian, sedangkan Indonesia untuk ICW Kalibata,” kata M. Mas’ud MZ penuh percaya diri, seraya mengatakan ICW Langkat didirikan tanggal 27 Juli 2009 dan semua AD/RT dan draf mereka tak berhubungan dengan ICW Kalibata. (Darwis)

Berita Terkait :

Harian Waspada : K- SEMAR Sumut minta masyarakat Langkat waspadai ICW ilegal

2 Tanggapan

  1. Entah pa maksud na si mas tuw, mcam dy tw ja beda indonesia n indonesian, trus pa lh arti dr wact, heran awak..

  2. Assalaamu’alaikum

    KEPADA SAHABAT… SAMBUTLAH UCAPAN DARI SAYA. SERANGKAI KATA PENGGANTI DIRI. UNTUK MENYAMBUT HARI BAHAGIA. JARI SEPULUH DI SUSUN JUGA. AGAR KESALAHAN DIAMPUN SEMUA. TANDA IKHLAS PERSAUDARAAN INI. SELAMAT HARI RAYA AIDIL FITRI 1 SYAWAL 1430 H. MOHON MAAF ZAHIR DAN BATIN. SALAM KEMESRAAN DARI SARIKEI, SARAWAK.

    # maaf, laam tidak bertegur sapa, mudahan ini permulaan yang baik untuk bersilaturami semula.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: