SBY Diminta ‘Selamatkan’ KPK Dari Upaya Pengkerdilan Pemberantasan Korupsi


sumber : www.jpnn.com

Senin, 14 September 2009 , 12:47:00

JAKARTA- Perseteruan antara Polri, Kejaksaan dan KPK dalam beberapa waktu terakhir ini mengundang keprihatinan banyak pihak. Betapa tidak, perseteruan tersebut diduga merupakan salah satu skenario dalam upaya untuk mengkerdilkan peran KPK dalam pemberantasan korupsi.

Untuk menghindar dari perangkap pengkerdilan KPK tersebut, Perhimpunan Advokat Indonesia Pengawal Konstitusi (PAIP Konstitusi) mendesak Presiden SBY untuk segera menyelesaikan dan mengesahkan RUU Pengadilan Tipikor dengan penguatan KPK sesuai putusan Mahkamah Konstitusi.

“Memberantas korupsi sama dengan menyelamatkan negara. Jadi, apabila pemberantasan korupsi gagal yang diawali dengan pengkerdilan lembaga KPK, maka cepat atau lambat Indonesia menuju negara gagal,” kata kordinator PAIP Konstitusi Daniel Tonapa dalam orasinya.

Selain itu, PAIP Konstitusi juga meminta pemerintah untuk menolak upaya-upaya yang mengarah kepada pemberangusan atau pelemahan dan pengkerdilkan kewenangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dengan kata lain, pemerintah di bawah kendali Presiden SBY yang telah dipilih kembali oleh rakyat harus menyelamatkan istitusi KPK. Sebab, bila KPK dikerdilkan, maka secara otomatis pemerintah SBY gagal.

“Sebagai solusi untuk menyelamatkan keberadaan KPK dan Pengadilan Tipikor, Presiden SBY bisa mengeluarkan Perpu, karena DPR sebagai lembaga negara yang berwenang membentuk UU telah lalai menjalankan kewajiban konstitusionalnya untuk mewujudkan keadilan hukum bagi seluruh rakyat Indonesia melalui pemberatasan tindak pidana korupsi sebagai kejahatan luar biasa,” ungkapnya.

Usai berorasi di depan Gedung MK, para Advokat yang berpakaian khas sidang ini pun melanjutkan aksinya ke depan Istana Negara di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.(sid/JPNN)

2 Tanggapan

  1. rakyat kecil pusing ikutin berita tentang kpk

  2. Sembilan dari sepuluh kemungkinan, KPK akan senasib dengan lembaga-lembaga pemberantasan korupsi yang pernah ada sebelumnya: TPK, Komisi-4 dan sebagainya yang memang dibentuk penguasa sekedar untuk terlihat ada niat memberantas korupsi. Atau seperti TGPTPK dan KPKPN yang terbunuh karena ‘konspirasi’. Barisan koruptor itu dalam kenyataan memang selalu lebih kuat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: