Polresta Binjai Didesak Tangkap Haris Harto


sumber : Pos Metro Medan

Jumat, 18 September 2009
BINJAI-PELANTIKAN 29 anggota DPRD terpilih Kota Binjai periode 2009-2014 diwarnai aksi demonstrasi, kemarin (17/9) siang. Ratusan massa yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Mahasiswa Peduli Hukum (GEMMPUH) Binjai mendesak Polresta Binjai menangkap Ir Haris Harto yang hari itu ikut diambil sumpah dan janjinya oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Binjai Susmanto,SH.MHum, karena diduga terindikasi kasus korupsi.

“Polresta Binjai jangan pandang bulu menegakkan hukum. Segera tangkap Ir Haris Harto yang terindikasi korupsi KONI sebesar Rp 1,7 miliar. Usut terus kasus korupsi yang merugikan negara dan menghilangkan kesejahteraan atlet Kota Binjai itu. Bersihkan kota kami dari kasus korupsi. Kami beri waktu 3×24 jam pada penegak hukum untuk menyelesaikan kasus ini,” teriak massa.

Data yang dihimpun POSMETRO MEDAN, pengungkapan kasus dugaan korupsi APBD Tahun 2007 yang saat ini dilidik Polresta Binjai itu menjadi inti pokok orasi yang koordinatori Yudhi W Pranata itu. Seperti halnya korupsi sebesar Rp 1,7 miliar yang diduga dilakukan Ir H Haris Harto mantan Ketua DPRD Binjai saat menjabat sebagai Ketua KONI Binjai. “Kami minta polisi tegas dan serius mengusut kasus ini,” tegas Yudhi.

Kapolresta Binjai AKBP Roberts K,SIK yang menemui langsung para demonstran mengucapkan terima kasih atas aksi unjuk rasa damai yang dinilainya tertib di mana para pengunjuk rasa membentang tali yang membatasi ruang para massa agar tak disusupi orang yang tak bertanggung jawab. Negara kita adalah negara hukum yang diatur Undang-undang, suka tidak suka harus kita tegakkan bukan hanya polisi saja yang wajib menegakkan hukum. Tapi itu semua jadi tanggung jawab kita bersama, khususnya masyarakat Kota Binjai.

Mekanisme hukum atau tata urut hukum memang sudah ada, hal itu menyangkut penanganan kasus korupsi yang sedang kami tangani itu masih berjalan sesuai mekanisme yang ada. jadi karena ada aturan yang mengatur kami ikuti aturan yang berlaku, bukan berarti kasus ini diperlambat jalannya. Percayalah, kasus itu tetap berjalan, terimakasih telah melakukan kontrol, mengingatkan kami dan memberikan support kepada kami. Dengan demikian atas kasus ini adik-adik dan rekan-rekan dapat mengerti dan memahami dengan batasan waktu yang kalian berikan itu rasanya tidak mungkin karena kita juga mematuhi aturan hukum, bilang Roberts.

“Kita telah melayangkan surat permohonan izin pada Gubernur untuk dapat melakukan pemanggilan sebagai saksi terhadap anggota legislatif yang diduga terlibat dalam kasus itu. karena kita tidak bisa melakukan pemanggilan tanpa adanya izin dari Gubernur, sementara batasan tenggang waktu selama 2 bulan sejak surat tersebut dilayangkan akan tetap kita patuhi. Namun bila melampaui batasan itu kita tidak mendapat surat balasan maka kita dapat melakukan pemanggilan langsung kepada yang bersangkutan, jadi masalahnya sekarang ini tinggal Gubernur lagilah, mau menegakkan supremasi hukum apa tidak,” tegas Roberts pada POSMETRO MEDAN.

Sementara itu, mantan Ketua DPRD Binjai, Ir H Haris Harto yang kembali dilantik sebagai anggota legislatif masa bakti 2009-2014 tak berhasil dikonfirmasi. Pasalanya, ia dan istri memilih angkat kaki meninggalkan gedung DPRD Kota Binjai, sebelum acara salam-salaman antara anggota DPRD lama dan yang baru serta foto bersama selesai dilaksanakan. Sedangkan dalam acara tersebut Walikota Binjai, H M Ali Umri,SH,MKn terlihat hadir dan foto bersama anggota DPRD terpilih. (Aswin)

Satu Tanggapan

  1. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H,
    Mohon Maaf Lahir dan Batin

    Makin maju dan makin berprestasi, demi masyarakat dan negeri tercinta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: