Pemotongan Dana ATK dan Insentif Guru Disoal


Sumber : Harian Global

Written by M Arfan Lubis
Thursday, 15 October 2009 10:31

Belum lagi habis sorotan masyarakat terkait terjadinya dugaan pemotongan honor insentif para guru di Langkat oleh sejumlah oknum pejabat di Dinas Pendidikan dan Pengajaran Langkat.

Kasus pemotongan anggaran yang diperuntukan bagi dunia pendidikan di daerah itu, kembali mencuat. Dana Alat Tulis Kantor (ATK) yang bersumber dari APBD Langkat 2009 sebesar Rp 913.900 per sekolah negeri, juga disebut-sebut ikutan disunat

Sejumlah Kepala SDN di Langkat, misalnya, kepada wartawan, Rabu (14/10) mengaku bahwa dana ATK yang diterima sekolah mereka tidak sesuai dengan berita acara yang ditandatangani oleh para Kepsek di kecamatan tersebut.

“Setahu kami, dari mayoritas sekolah SD Negeri di hampir, semua menandatangani berita acara dana ATK Rp 913.900. Tapi yang diterima cuma Rp 600 ribu. Penyerahan dana tersebut pada tanggal 8 September 2009 lalu,” ucap Kepsek SDN yang mewanti-wanti agar identitasnya tidak disebutkan di koran.

Selain ATK, lanjutnya, pemotongan honor insentif para guru juga terjadi di daerah itu. Tak hanya bagi golongan III ke atas, honor inensif guru honorer dan para guru dengan golongan kepangkatan II juga ikutan disunat.

“Siapa bilang cuma golongan III ke atas saja yang dipotong, banyak juga guru SD golongan II yang honor intensifnya dipotong. Yang diterima cuma Rp 400 ribu,” ujarnya.

Sayangnya, para Kepsek dan guru masih enggan menyebut siapa yang melakukan pemotongan terhadap dana ATK dan insentif guru-guru tersebut. “Nggak perlu kami sebut, tapi nanti tau juga. Yang pasti, dua hari ini dana yang dipotong tersebut mendadak dikembalikan,” katanya.

Namun hampir seluruh Kepala Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan dan Pengajaran se Langkat ketika dikonfirmasi terkait terjadinya dugaan pemotongan dana ATK dan insentif para guru golongan II tersebut mengaku tidak mengetahui hal tersebut.
Sementara itu, Kadis Pendidikan dan Pengajaran Langkat Drs Sulistianto MSi mengaku bahwa pihaknya telah mengembalikan honor insentif guru yang dipotong tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: