Kasus Dugaan Korupsi Dana Bansos Rp30 M, Dua Pejabat Langkat Jadi Tersangka


Sumber : Harian Sumut Pos

LANGKAT-Tersangka kasus dugaan korupsi dana bantuan sosial (Bansos) senilai Rp30 miliar di Pemkab Langkat, bertambah dua orang. Sebelumnya, beberapa bulan lalu mantan Kakandepag Langkat, Jawat Syukri, dan Kakandepag Langkat, Ilyas Lubis, telah dijadikan tersangka. Dua tersangka baru dalam kasus bantuan dana untuk guru agama itu adalah, Kakan Kesbangpolinmas Langkat berinisial Ag dan mantan Kakan Kesbangpolinmas Langkat berinisial SM.

Penambahan tersangka baru itu diungkapkan Kasi Pidsus Kejari Stabat, Firmansyah SH, Selasa (20/10) di kantornya. “Kita sudah menetapkan dua tersangka baru dalam kasus bansos yaitu Ag dan SM,” kata Firman. Lebih jauh dikatakan Firman, penetapan kedua tersangka setelah memeriksa puluhan saksi yang turut terlibat sekaligus penerima dana tersebut. “Keduanya terlibat dugaan pemotongan dana yang bersumber dari APBD Langkat TA 2008,”jelasnya.

Meski keduanya sudah ditetapkan sebagai tersangka sejak sepekan terakhir, namun pihaknya belum melakukan penahanan. Firman beralasan, kedua tersangka tidak ditahan karena belum rampungnya berkas pemeriksaan. “Kita masih melakukan pemeriksaan terhadap beberapa saksi lagi,” kata dia.

Menyikapi penahanan terhadap keempat tersangka bansos ini, Firman mengatakan, bakal melakukan penahanan secara bersamaan setelah berkas pemeriksaan seluruh tersangka Bansos selesai dikerjakan. “Tak ada alasan untuk tidak ditahan, semuanya pasti akan kita tahan,” sambungnya. Sekadar mengingatkan, kasus dugaan korupsi dana bantuan social senilai Rp30 miliar yang bersumber dari APBD Langkat TA 2008 tersebut sudah bergulir sejak awal tahun 2009 lalu. Hingga saat ini sudah seratusan saksi diperiksa dan menetapkan empat orang tersangka.

Selain dana bantuan sosial bagi guru di Depag senilai Rp3,4 miliar dan dana Kamtibmas senilai Rp2 miliar, Kejari Stabat juga bakal melanjutkan penyelidikan terhadap Rp25 miliar dana Bansos lain yang tersebar di beberapa instansi termasuk di DPRD Langkat. (ndi)

Satu Tanggapan

  1. TERIMAKASIH TAS INFORMASI DAN TULISANNYA, CUKUP BERMANFAAT BUAT BACAAN. KUNJUNGI JUGA SEMUA TENTANG PAKPAK DAN UPDATE BERITA-BERITA PAKPAK BHARAT DI GETA_PAKPAK.COM http://boeangsaoet.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: