Diduga DI-Back Up LSM – DAK Rehab Sekolah Langkat Akan Dikotak-katik


Sumber : Harian Global

Written by M Arfan Lubis
Tuesday, 27 October 2009 09:25

Kelompok Studi dan Edukasi Masyarakat Marginal (K-SEMAR) Sumatera Utara, menilai puluhan miliar dana rehab sekolah di Langkat yang bersumber dari DAK tahun 2009, diduga akan menguap seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Temuan itu merupakan hasil investigasi dan informasi yang telah kita himpun,” terang Ketua Pokja Investigasi K-SEMAR Sumut, Fachruddin, Minggu (25/10) di Stabat.

Dijelaskan oleh Fachruddin, kini sejumlah kepala sekolah di Langkat khususnya penerima DAK tahun 2009 ini resah akibat adanya dugaan pesanan dari para petinggi di Dinas Pendidikan Langkat yang intinya agar pengerjaan proyek rehab sekolah yang anggarannya rata-rata di atas 200 juta tersebut dilakukan oleh kontraktor atau rekanan.

“Pengerjaannya rekanan tapi pertanggungjawabannya termasuk laporan administrasinya tetap dibebankan kepada para kepala sekolah. Para kasek tersebut juga diduga diintimidasi apabila tidak mau menyerahkan pengerjaan proyek tersebut kepada rekanan maka rehab sekolah akan dialihkan kepada sekolah lain. Ini kan tidak benar dan jelas mengangkangi SK Mendiknas,” kata aktivis K-SEMAR tersebut dengan nada tinggi.

Apalagi, kata Fachruddin, ada sekelompok orang yang bernaung dalam sebuah wadah seperti LSM yang mengaku-ngaku penggiat antikorupsi di Langkat mampu memback up para pejabat Dinas Pendidikan dan para Kasek apabila diperiksa oleh aparat penegak hukum.

Untuk itu para kasek tersebut termasuk sejumlah staf di Dinas P dan P Langkat dibuatkan kartu LSM. Khusus untuk Kasek yang menerima DAK 2008 dan 2009, oknum ketua LSM tersebut menerima uang jasa antara Rp 2-3 juta per sekolah dengan alasan untuk uang pengamanan yang akan disetor kepada pejabat Polres dan Kejari Stabat.

Bukan hanya itu, oknum Ketua LSM ini juga diinformasikan menerima sejumlah paket proyek dari dinas P dan P Langkat. Anehnya, modus penipuan ini menggunakan nama singkatan LSM yang sama dengan sebuah LSM penggiat antikorupsi yang sangat terkenal dan hanya ada di Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: