Dirut PD Pembangunan Binjai Mengundurkan Diri, Pimpin BUMD Aja Rugi, Mau Jadi Walikota Pulak!


Sumber : Pos Metro Medan

Sabtu, 31 Oktober 2009
BINJAI-TIGA tahun menjabat, Dirut PD Pembangunan Binjai, Ir Nazri Kamal dinilai gagal. Perusahaan rugi Rp.6,9 miliar, karyawan tuntut tunggakan gaji, kini malah mencalonkan diri jadi Wali Kota Binjai.

Kegagalan itu tekuak pada Juli lalu. Ratusan karyawannya demo menuntut tunggakan 3 bulan gaji dan 6 bulan tunjangan struktural. Sosok Nazri makin terpuruk dengan temuan Pansus DPRD khusus pembahasan PD Pembangunan Binjai, perusahaan plat merah pimpinan Nazri, rugi Rp6,9 miliar. Padahal, kucuran dana lebih dari Rp19 miliar.

Mirisnya, Nazri malah mencalonkan diri menjadi calon Walikota Binjai. Untuk mewujudkan hal itu, dia pun mengundurkan diri sebagai Dirut PD Pembangunan Binjai. Soal pengunduran diri itu, dibenarkan Kabag Keuangan PD Pembangunan Binjai, Khairu Ramadhan, saat dihubungi Aswin, repoter POSMETRO MEDAN, kemarin (30/10).

“Ya, hal itu sudah di atur dalam SK Direktur PD Pembangunan. Tiga bulan sebelum masa jabatannya berakhir, harus mengajukan pengunduran diri kepada Walikota Binjai,” terang Khairu, akrab disapa Heru.

“Kenapa nggak dari dulu aja mengundurkan diri, kan sudah banyak bukti ketidakmampuan Nazri Kamal semenjak memimpin dan mengelola BUMD. Jangan saat bursa Balon Walikota akan dimulai, baru mengundurkan diri. Itukan namanya tidak fair dan mau enak sendiri,”ketus Togar Lubis, Koordinator Kelompok Study dan Edukasi Masyarakat Marginal (K-SEMAR).

Pencalonan Nazri sebagai walikota, santer dibicarakan masyarakat. Khususnya pegawai PD Pembangunan yang merasakan betul kepemimpinan Nazri. Sayangnya, Nazri terlihat enggan berkomentar. Saat kediamannya disambangi, tak terlihat aktifitas apa pun. Ponselnya tak aktif dan pesan singkat pun tak dibalas.

Catatan POSMETRO MEDAN, berbagai masalah di tubuh PD Pembangunan Binjai pimpinan Nazri, mencuat sejak Juli lalu. Pada 21 Juli 2009, ratusan karyawan PD Pembangunan Binjai mengadukan nasib mereka ke DPRD Binjai. Mereka curiga anggaran yang disalurkan tak tepat sasaran alias diselewengkan. Pada wakil rakyat itu, Kepala Protokoler, Koordinator Keamanan dan Kepala Diklat PD Pembangunan, H T M Syahril mengatakan, selama berdiri, PD Pembangunan Binjai tak pernah membayar gaji karyawannya tepat waktu, meski gaji mereka di bawah UMK.

Selain itu, karyawan juga menuntut agar gaji 3 bulan dan tunjangan struktural 6 bulan yang ditunggak PD Pembangunan dibayarkan. “Kami curiga, anggaran yang dikucurkan DPRD Binjai ke perusahaan itu disalahgunakan atau diselewengkan, karena penggunaanya tidak transparan dan tak jelas penggunaannya,” ujar Syahril diamini puluhan rekannya. Kala itu, Khairu Ramadhan, membenarkan tuntutan karyawan. Namun, ujar Kabag Keuangan PD Pembangunan Binjai itu, permasalahan gaji yang belum dibayarkan dikarenakan adanya kendala akad kredit dari hasil usaha. Dan mengenai kucuran dana DPRD Binjai kepada PD Pembangunan, anggaran dari tahun 2006 sebesar Rp 14,5 M dan laporannya telah diberikan kepada pihak Pemko Binjai.

“Apa yang disebutkan karyawan itu benar adanya, gaji belum dibayarkan karena ada kendala akad kredit dari hasil usaha, sedangkan gaji dibawah UMR itu sudah ada ketetapannya dari Pemko Binjai dan mengenai tunjangan structural itu bukan selama 6 bulan tapi tiga bulan. Disitulah uang makan dan transport. Semua terkendala karena hasil usaha dari beberapa unit masih mengalami masalah dan akan segera direalisasikan, untuk dana anggaran DPRD tahun 2006 sebesar Rp 14,5 M dan penggunaannya telah disahkan Pemko Binjai yang selanjutnya memberikan kepada DPRD Binjai” bilang Khairu.(*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: