Perkecil Penyalahgunaan Kekuasaan, DPR Oke Polri di Bawah Depdagri


Sumber : Pos Metro medan

Kamis, 5 November 2009
JAKARTA-KETUA DPR Marzuki Alie berprinsip setuju setuju institusi kepolisian berada di bawah Departemen Dalam Negeri (Depdagri). Politisi Demokrat itu berharap, para pakar kepolisian dan pemerintahan mulai melakukan kajian guna merespon wacana yang terus bergulir itu.

Para anggota DPR yang ahli dalam masalah ini, juga diminta untuk melakukan kajian. Hasil kajian yang komprehensif diperlukan sebagai dasar untuk memutuskan perlu tidaknya korps baju coklat itu berada di bawah departemen yang kini dipimpin Gamawan Fauzi itu.

“Jadi apa pun keputusannya, harus berdasar kajian yang mendalam. Jangan semena-mena dan berdasar emosional sesaat. Sehingga apa pun keputusannya, merupakan keputusan yang terbaik bagi bangsa ini,” kata Marzuki Alie di ruang wartawan DPR, Jakarta, kemarin (4/11).

Terpisah, Direktur Imparsial Institusi, Rusdi Marpaung meminta Tim Pencari Fakta (TPF) kasus Chandra M Hamzah dan Bibit Samad Rianto, berani mengeluarkan rekomendasi agar Kepolisian RI berada di salah satu departemen.

“Mengingat besarnya potensi kekuasaan di institusi Polri dan guna meminimalisir penyalahgunaan kekuasaan yang sangat besar itu, maka TPF yang dipimpin oleh Adnan Buyung Nasution juga berani merekomendasikan agar Kepolisian ditempatkan di Departemen Dalam Negeri,” kata Rusdi Marpaung.

Rekomendasi itu sangat diperlukan agar presiden memiliki banyak masukan untuk mereformasi secara tuntas institusi kepolisian. Di mana pun mayoritas negara demokrasi telah menempatkan kepolisian itu di bawah Depdagri.

“Setelah berada di bawah suatu departemen, diyakini kinerja kepolisian makin membaik dan dalam bekerja mereka itu tidak disibukkan oleh urusan anggaran yang ditentukan oleh DPR,” ujarnya lagi.(sam)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: