Rumor Andung Disembunyikan, Marak!Bawahan Gol, Balon Binjai – 1 Terseret Penggelapan Rp 9 M


Sumber : Pos Metro Medan

1257390938nnnnnnnnnnn4

pm/aswin Baliho Indra Salahuddin di simpang Jalan Kartini depan Polresta Binjai inilah indikator kuat Kadis Kesehatan Langkat itu berniat maju merebut BInjai-1, tahun depan.


STABAT-Khalid alias Kal (49), bendahara gaji pegawai Dinas Kesehatan (Dinkes) Langkat, kemarin (4/11) resmi ditahan. Sementara, Sar alias Andung, bendahara atasan Kal, resmi ditetapkan buronan oleh Polres Langkat.

Kal ditetapkan sebagai tersangka penggelapan uang ratusan juta rupiah milik banyak PNS Langkat. Dengan modal dari memaling uang PNS dan warga, Kal dan Andung membuka bisnis peminjaman uang. Pada calon sasaran, Kal dan Andung menjanjikan modal kembali dengan bunga. Pemodal yang terbujuk rayu, di antaranya Lina Novita Br Sembiring, bidan di Desa Securai, Kec.Babalan, Langkat. Lina berinvestasi (menanam modal) Rp 120 juta. Juga dr Tina yang bertugas di RSUD Tanjung Pura dengan investasi Rp 1 miliar, serta Kartini si bidan di Puskesmas Kec.Besitang dengan menggelontorkan modal Rp 200 juta. Selain mereka, ada ratusan PNS lagi dan warga luar menanamkan uangnya di bank gelap yang dibuat Kal dan Andung. “Paling kecil, menginvestasikan Rp 50 juta,” ujar warga, korban penggelapan Kal dan Andung.

“Kita telah resmi melakukan penahanan terhadap Kal. Memang sampai saat ini kita belum berhasil menangkap Andung dan sedang memburunya. Oleh sebab itu, kita menghimbau segera menyerahkan diri. Sebab ke mana pun dia pergi, percuma saja. Karena itu tidak menyelesaikan masalah dan yang bersangkutan akan terus dikejar petugas. Kalau ada itikad baik dari Andung, maka itu dapat membantu dirinya, “ saran Kasat Reskrim Polres Langkat, AKP Wahyudi SiK.

“Sekarang ini status Andung masuk daftar pencarian orang (DPO) polisi. Surat penangkapan Andung juga sudah kita keluarkan,”tambah AKP Wahyudi SiK, berharap peran warga memberikan informasi keberadaan Andung.

Pantauan Darwis Sinulingga dari POSMETRO MEDAN, Kal diperiksa intensif kemarin sore di ruangan unit Harda (Harta dan Benda) Polres Langkat. Didampingi penasehat hukumnya, pria berkacamata dan berjanggut itu tampak tenang. Di lingkungan Dinkes Langkat, saat ini santer beredar rumor yang menyatakan, Andung memang sengaja disembunyikan.

Alasannya, Andung adalah saksi kunci kasus ini. Karena itu, jika dia ditangkap, sejumlah PNS pejabat lain bakal terseret. Apalagi, nama Kadis Kesehatan Langkat, dr H. Indra Salahuddin M Kes, pun terseret kasus itu. Bahkan, para korban yang terdiri dari ratusan PNS lingkungan Dinkes itu terdengar mengait-ngaitkan masalah ini dengan rencana pencalonan dr Indra, Balon (bakal calon) Wali Kota Binjai.

“Mungkin kalau Andung tertangkap, Kadiskes Langkat terseret. Ya, bisa saja selama ini ada bxxx dengan dia. Kalau tidak, mana mungkin permainan ini bisa berlangsung lama di lingkungan Dinkes. Sekarang ini dr Indra kan lagi sibuk kampanye di Binjai,” demikian tudingan itu dan hingga kemarin belum didapat bantahan resmi dari dr Indra. Kontak konfirmasi lewat hape tak diangkatnya.

Begitu juga disorong lewat SMS. Ini beda dengan sehari sebelumnya, Indra mau berkomentar. Terpisah, Kepala Inspektorat Langkat, Sedar Sembiring, mengaku telah memanggil sejumlah korban dan dr Indra serta orang-orang lain yang terlibat. “Setelah kita mintai keterangan, ini murni tindak pidana,” tegas Sedar.

“Dari hasil keterangan yang saya dapat, tak tertutup kemungkinan ada keterlibatan pihak yang lebih tinggi lagi, baik itu Kepala Dinas mapun pihak bank. Tapi yang berhak mengusut tuntas kasus ini tentunya pihak berwajib, jadi kita serahkan saja masalah ini kepada mereka (kepolisian),” tandasnya. (jo)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: