Tumpang-Tindih DAK Dilaporkan ke Kejari


Sumber : Harian Sumut Pos

Tuesday, 24 November 2009

LANGKAT-Kelompok Study dan Edukasi Masyarakat Marginal (K-SEMAR) Sumut mengadukan tumpang tindih anggaran rehab sekolah dari dana alokasi khusus (DAK) dan alokasi umum (DAU) tahun anggaran 2009 ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Stabat, Senin (23/11).

Laporan tersebut tertuang dalam surat dengan nomor : 78/K-SEMAR/XI/2009 bertanggal 23 Nopember 2009. Dalam surat itu, K-SEMAR menyatakan, bahwa berdasarkan buku Lampiran Peraturan Kepala Daerah nomor 11 tahun 2009 bertanggal 31 Maret 2009 dan ditandatangani oleh Bupati Langkat Ngogesa Sitepu, tentang Penjabaran Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Langkat Tahun Anggaran 2009, telah dialokasikan anggaran Rehabilitasi sedang/berat bangunan sekolah sebesar Rp41.733,666,400. Anggaran tersebut terdiri dari anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) pendidikan sebesar Rp31,623,700,000,- dan anggaran Bantuan Keuangan dari Provinsi atau Pemerintah Daerah Lainnya sebesar Rp9.294,574,000,-.

Dari anggaran tersebut, menurut K-SEMAR, Dikjar Langkat mengalokasikan anggaran untuk rehab berat SDN 056630 Lubuk Jaya Kecamatan Tanjung Pura dan SDN 055998 Batu VI Kebun Balok, Kecamatan Wampu, masing-masing sebesar Rp280 juta. Namun disamping itu, ternyata Dikjar Langkat juga mengalokasikan anggaran lain masing-masing sebesar Rp100 juta untuk kedua sekolah tadi.
Togar Lubis dari K-SEMAR berharap Kejari Stabat segera memeriksa Plt Dikjar Langkat Sulistianto dan Ilyas Us, S.Pd selaku Kasubag Keuangan yang diduga jadi penanggungjawab overlapping anggaran tersebut.

Kasi Intel Kejari Stabat G. Sinuhaji, SH ketika dikonfirmasi perihal pengaduan K-SEMAR, membenarkan kalau pihaknya sudah menerima laporan pengaduan itu, namun saat ini, laporan tersebut belum sampai di mejanya. (ndi)

2 Tanggapan

  1. kunjungan sore pak😀

    Togar Lbs : Ass. Bro. Apa khabar. Semoga selalu dalam lindungan ALLAH swt. amin

  2. Kok…bisa ga karuan kayak gitu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: