Polisi Diminta Selidiki Dugaan Suap Kejatisu


Sumber : Pos Metro Medan

MEDAN-KEJAKSAAN Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) tetap menyangkal menerima suap Rp 350 juta untuk ‘mengamankan’ kasus dugaan korupsi di Dinas Kesehatan Medan. “Itu kan pengakuan saksi (Rudi) saja di persidangan, buktinya mana? Meskinya pengakuan itu harus didukung dengan bukti yang cukup. Kalau tidak ada bukti, tuduhan itu tidak berdasar,” ketus Humas Kejatisu Edi Irsan K Tarigan,SH saat ditemui POSMETRO MEDAN di ruang kerjanya, kemarin (24/11) siang.

“Kalau tidak ada bukti yang cukup, itu jelas fitnah. Karena itu saksi harus mempertanggung jawabkan kesaksiannya itu secara hukum,” tambah Alumnus Fakultas Hukum UISU itu lagi. Jika kesaksian Rudi fitnah. Apakah Kejatisu akan mengajukan upaya hukum? Ditanya demikian, Edi mengaku tak tertutup kemungkinan, “kita lihat nanti lah,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Lembaga Pemantau Kinerja Kejaksaan (LPKK) Sumatera Utara, Afrizon Alwi, SH mendesak polisi mengusut tuntas tudingan suap tersebut. “Meski tak ada bukti, Kajatisu melalui jaksa pengawasnya harus memeriksa jaksa yang diakui Rudi telah menerima suap itu. Polisi juga berhak, karena kasus ini mengindikasikan korupsi. Jadi, bukan Umar Zein Cs saja yang terindikasi, jaksa yang mendapat uang suap itu juga terindikasi korupsi,” tegas Afrizon pada POSMETRO MEDAN.

Lebih lanjut, pengacara vokal ini menjelaskan, meskipun Rudi sendiri tak memiliki bukti kwitansi suap itu, tak ada salahnya polisi melakukan penyelidikan. “Kasus korupsi ya memang jarang ada buktinya. Karena pelaku kan tidak bodoh, mereka sudah mempersiapkan sesuatunya dengan matang. Untuk itu, penyidiklah yang harus mencari bukti. Kesaksian Rudi itu sudah cukup kuat untuk melakukan pemeriksaan. Kalau tidak mau dibilang markus hidup di tubuh instansi hukum. Maka kejaksaan dan kepolisian harus membuktikan kinerjanya dengan nyata,” tandas pengacara berkumis tebal itu mengakhiri. (Syahrul)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: