Survei KPK, Pelayanan di Pemprov Sumut Terburuk


sumber : Harian Sumut Pos

Hasil Survei Integritas KPK

JAKARTA-Hasil survei integritas yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyimpulkan, pelayanan publik yang dilakukan jajaran Pemprov Sumut sangat buruk. Pelayanan di provinsi yang kini dipimpin Gubernur Syamsul Arifin ini memperoleh skor integritas terendah, bersama empat provinsi yang lain.

Secara berurutan, lima provinsi terburuk itu adalah Sulawesi Selatan dengan nilai integritas 4,75, disusul Sulawesi Utara (4,80), DKI Jakarta (5,65), Sumut (6,06), dan Lampung (6,25). Sedang posisi terbaik dipegang Provinsi Jawa Timur dengan skor 7,15.
Hasil survei ini disampaikan Wakil Ketua KPK Bidang Reformasi Birokrasi, M Jasin di gedung KPK, Jakarta, kemarin (22/12). Jasin menjelaskan, survey dilakukan bulan April hingga September 2009. Survey dilakukan terhadap 371 unit layanan yang berada di 98 instansi yang terdiri dari 39 instansi tingkat pusat, 10 pemerintah provinsi, dan 49 pemerintah kota/kabupaten.

Survei melibatkan 11.413 orang pengguna layanan. Jumlah responden ini terdiri dari 4.592 orang di tingkat pusat, 1.039 orang responden di tingkat pemprov, dan 5.782 orang responden di tingkat pemkot/pemkab. Seluruh responden merupakan pengguna langsung dari layanan publik yang disurvei. Untuk tingkat provinsi, ada 39 unit layanan yang disurvei, antara lain layanan di RSUD kelas B, pengadaan barang dan jasa (PBJ), layanan perizinan trayek antarkota, dan layanan izin pendirian koperasi/UKM.

Sementara, untuk tingkat kabupaten/kota, ada 49 pemkab/pemkot yang disurvei. Obyek pelayanan yang disurvei ada 196 unit layanan, antara lain pelayanan pengurusan Akte Kelahiran, PBJ, bantuan pembangunan/renovasi/perbaikan fisik sekolah dari APBD, dan pelayanan kesehatan dasar di puskesmas/RSUD kelas C.

Untuk tingkat kabupaten/kota ini, ada 15 kabupaten/kota yang mendapatkan nilai intergritas terendah. Kabupaten Deliserdang menduduki posisi ke-6 terendah dengan skor 5,84. Posisi terburuk untuk tingkat kabupaten/kota diduduki Kota Jakarta Selatan dengan skor 4,92.
Sementara, juga ada 15 kabupaten/kota yang mendapatkan nilai integritas tertinggi. Kota Medan termasuk yang mendapatkan nilai tertinggi yakni di nomor urut 5 dengan skor 7,15. Skor tertinggi diduduki Kota Denpasar dengan skor 7,48.

M Jasin menjelaskan, rata-rata nilai integritas sektor publik di tingkat pemerintahan provinsi adalah 6,18 dan rata-rata nilai integritas di tingkat pemerintahan kabupaten/kota adalah 6,46. “Bila dibandingkan, nilai integritas pemerintah provinsi relatif lebih buruk bila dibandingkan dengan nilai integritas instansi di tingkat pusat maupun pemerintah kabupaten/kota,” jelas Jasin.

Sementara itu Kadis Infokom Pemprovsu, Eddy Syofian mengatakan, hasil survei yang dirilis KPK perlu diperjelas lagi. Menurutnya, apakah yang terburuk itu pelayanan publik di Pemprovsu atau instansi vertikal di Sumut. “Soalnya banyak instansi lintas sektoral yang ada di Sumut, misalnya imigrasi, BPN dan lainnya,” katanya.

Dia bilang, Pemprovsu berkomitmen meningkatkan di segala lini dan mendesak agar daerah kabupaten/kota membentuk perizinan satu atap. Agar pelayanan lebih cepat dan bebas pungli. ”Namun sejauh ini baru beberapa daerah yang melakukannya, seperti Serdang Bedagai dan Tebing Tinggi,” pungkasnya. (sam/her)

Satu Tanggapan

  1. Hati hati bang Togar, UU Penyiaran, UU ITE dan UU Telekomunikasi, belum selesai di bedah, kuatir pasal 27 menjerat kaum dunia maya, cukuplah sudah Prita dan Luna Maya jadi korban. Sekedar info, anggota DPR dan staf ahli yang membuat UU ITE itu anti dunia maya. Menurut saya yang berhak menghukum pemain dunia maya, bukan polisi, bukan jaksa, bukan hakim, tapi peserta dunia maya itu sendiri. Yang salah akan tersingkir dengan sendirinya, yang benar akan bertahan. Tul nggak?.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: