Kadis Dikjar Langkat Didesak Dirikan Universitas


sumber : Harian Global

Written by M Arfan Lubis
Monday, 28 December 2009 10:31

Jika Bupati Langkat Ngogesa Sitepu ingin agar visi misinya di bidang pendidikan sukses, maka Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Pengajaran (Dikjar) yang diangkatnya harus berani teken kontrak bahwa dalam 4 tahun ke depan di Langkat harus berdiri sebuah universitas.

“Penduduk Langkat saat ini telah lebih dari 1 juta jiwa dan masyarakat sudah lama mendambakan adanya universitas di Kabupaten Langkat. Jadi, sudah sepantasnya siapapun Kadis Dikjar yang akan datang harus berani teken kontrak bahwa paling lama 4 tahun menjabat harus mampu mendirikan universitas di Stabat ini,” kata Koordinator Kelompok Studi dan Edukasi Masyarakat Marginal (K-SEMAR) Sumut, Togar Lubis, Minggu (27/12) di Stabat.

Ditambahkan Togar Lubis, bahwa di beberapa kabupaten/kota lainya di Sumatera Utara telah memiliki universitas. Padahal, kata Togar lagi, potensi daerah dan luas wilayahnya lebih kecil dari Kabupaten Langkat.
Sepertinya sektor pendidikan di Langkat ini kurang diperhatikan, bahkan besarnya anggaran pendidikan yang dialokasikan baik melalui APBN, APBD dan DBD kerap menjadi “lahan korupsi” bagi sejumlah pejabat di Dinas tersebut.

Salah satu contoh adalah temuan DPRD Sumut beberapa waktu lalu yang menemukan terjadinya pemotongan dana insentif guru yang totalnya mencapai milyaran rupiah” beber Togar Lubis lagi.

Ketika diminta pendapatnya siapa yang layak menjadi Kadis Dikjar Langkat berikutnya, aktivis penggiat antikorupsi ini menyatakan terserah siapa yang layak menurut Bupati Langkat Ngogesa Sitepu. Namun, kata Togar, Kadis Dikjar yang diharapkan kalangan pendidikan di Langkat adalah sosok yang bersih dari indikasi korupsi, memiliki kredibilitas dan kapabilitas yang baik, punya program yang jelas bukan sekadar retorika serta tidak gampang menjual nama Tuhan.

3 Tanggapan

  1. Mendirikan Universitas di Langkat secara teknis persiapannya bisa muncul dari Dikjar. Tetapi paling bertanggungjawab untuk itu ialah para pemimpin lokal, orang yang pernah memimpin di daerah itu dan semua orang yang pernah mengeruk kekayaan Langkat. Libatkanlah para perantau yang memiliki integritas keilmuan yang berasal dari Langkat, mereka pasti respek dan giat membantu.
    Mendirikan Universitas itu tidak sekadar membuat gedung dan mendaftar siapa yang sudah bertitel sarjana agar menjadi dosen. Berdasarkan pengalaman di banyak daerah (Taput, Asahan, Tapsel), diperlukan konsepsi yang matang dan komitmen yang tinggi. Pertama, mengapa kita mendirikan universitas dan bidang studi apa yang harus dikembangkan sesuai dengan pasar lokal, regional dan internasional. Kedua, investasi dalam pendidikan itu tidak komersial dan anehnya, saat masih kecil jarang orang ikut terlibat dan setelah besar universitas itu menjadi ladang perang. Itu yang terkesan dari UISU, juga konflik di beberapa perguruan tinggi lainnya. oleh karena itu statutanya harus dirumuskan secara jelas, rinci dan tidak multi tafsir. Jangan nanti mengorbankan mahasiswa, dimana-mana ada orang mengaku rektor, pimpinan yayasan. Itu memalukan.
    Sangat gembira mendengar gagasan itu. Majulah Langkat, daerah besar jangan lagi bercitra kurang baik. Kita percaya Ngpgesa Sitepu dapat mewujudkan itu. Dari namanya saja (ngogesa, yang identik dengan iqra) kita yakin dia bisa mewujudkan cita-cita besar itu.

  2. […] Kadis Dikjar Langkat Didesak Dirikan Universitas Posted on Desember 29, 2009 by ksemar […]

  3. […] Kadis Dikjar Langkat Didesak Dirikan Universitas Posted on Desember 29, 2009 by ksemar […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: