Pengusutan korupsi, harapan besar ada pada KPK


sumber : WASPADA ONLINE

FAZAR BAKTI
WASPADA ONLINE

MEDAN – Pemeriksaaan yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Mantan Bupati Kabupaten Langkat, yang kini menjabat sebagai Gubernur Sumatera Utara, Syamsul Arifin, terkait dana APBD Langkat pada tahun 2000 hingga tahun 2007 senilai Rp102,7 miliar, sejak 1 Desember telah memperoleh data dan nama-nama yang diduga terlibat korupsi dalam APBD Langkat.

Sebelumnya gubsu, mengaku tidak gentar dan tak ada masalah terhadap pemeriksaan yang dilakukan oleh KPK.

Menurut aktivis dari Langkat, Togar Lubis yang merupakan Koordinator Kelompok Study dan Edukasi Masyarakat Marginal (K-SEMAR) Sumut, menuturkan sejumlah tokoh dan elemen masyarakat mendesak KPK agar komit dan tidak main-main dalam menangani kasus dugaan korupsi APBD Langkat.

“Harapan itu pernah ‘mandek’, saat kasus itu ditangani oleh kepolisian dan kejaksaan,” ujar Togar.

Menurutnya, pihaknya dan elemen masyarakat menaruh harapan yang besar pada KPK, agar penyelidikan kasus korupsi yang saat ini sedang dilakukan KPK segera tuntas.

Menurut Togar, pada tahun 2005 lalu KPK sudah pernah mensupervisi kasus dugaan korupsi tersebut kepada Kejagung RI (Kejaksaan Agung) setelah sebelumnya pada tanggal 2 Juni 2005 menerima laporan pengaduan tindak pidana korupsi di Pemkab Langkat sebesar Rp50,56 miliar dari pihaknya.

Lnjutnya lagi, saat itu Pimpinan KPK meminta kejaksaan agung RI untuk menindaklanjuti laporan dugaan korupsi tersebut, melalui kejaksaan negeri (Kejari) Stabat yang telah melakukan penyelidikan atas kasus-kasus dugaan korupsi, termasuk perihal pembelian 43 unit mobil Isuzu Panther.

“Namun menurut Kejari Stabat tidak ditemukan indikasi korupsi, sehingga tidak dapat ditingkatkan ke tahap penyidikan,” ujar Togar Lubis.
(dat07/wol-mdn)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: