Masyarakat Langkat Ancam Nginap di KPK


sumber : www.gomedan.com

MEDAN-Beredarnya isu bahwa kasus dugaan korupsi APBD Langkat yang merugikan keuangan Negara Rp102,7 milyar perlahan-lahan akan hilang di KPK, mulai menjadi pembicaraan hangat di Sumatera Utara khusus di Langkat.

Kabarnya lagi, ada pimpinan KPK yang `bermain` di kasus Langkat setelah ada intervensi dari pusat kekuasaan terhadap penanganan perkara ini. Akibat intervensi itu, disebut-sebut KPK telah melimpahkan perkara ini ke kejaksaan.

Kabar tersebut boleh saja dibantah oleh unsur pimpinan KPK. Namun `lambannya` penanganan perkara ini termasuk belum juga ditingkatkannya status perkara tersebut ke tahap penyidikan membuat masyarakat Sumut mulai percaya bahwa KPK tidak konsisten untuk menuntaskan kasus yang diduga melibatkan mantan Bupati langkat Syamsul Arifin, SE yang kini menjabat sebagai Gubsu.

Salah seorang aktivis yang mulai meragukan konsistensi KPK menuntaskan kasus korupsi ini adalah Koordinator Kelompok Study dan Edukasi Masyarakat Marginal (K-SEMAR) Sumut, Togar Lubis.

Aktivis yang sejak tahun 2005 lalu berulangkali melaporkan dugaan korupsi di Pemkab Langkat ini ke berbagai penegak hukum di pusat dan daerah malah menuding kinerja KPK mundur sejak hebohnya kasus yang ditimpakan polisi kepada 2 orang pimpinan KPK Bibit – Chandra.

“Saya lihat kinerja KPK malah menurun sejak public memberikan dukungan yang besar terhadap Bibit – Chandra. Sepertinya KPK tidak respon jika hanya dihadiahi Bekicot oleh rekan-rekan aktivis ICW Kalibata minggu lalu. Jika sampai akhir Januari 2010 ini KPK tidak juga meningkatkan status kasus dugaan korupsi Langkat ke tahap penyidikan, maka bulan depan kita dan teman-teman dari Langkat dan Sumut akan menyerahkan Undur-undur (sejenis serangga) sebagai hadiah kepada KPK” kata Togar Lubis, kemarin.

Togar mengaku, bahwa saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan aktivis MPI Langkat, LSM Gatwamtra, Komid SBY dan berbagai elemen masyarakat Langkat lainnya untuk secara bersama-sama melakukan unjuk rasa menginap di halaman gedung KPK sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

“Kita harapkan rekan-rekan aktivis penggiat anti korupsi lainnya di Sumut ikut berpartisipasi dalam rencana aksi tersebut. Kita juga sangat berharap agar rekan-rekan aktivis kampus di Sumut dapat memberikan kontribusi dengan melakukan aksi serupa atau secara bersama-sama agar kasus dugaan korupsi terbesar di daerah Sumut ini segera dituntaskan oleh KPK,” harap Togar.(Pra)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: