‘Dipress’ Juper, Kurir Sabu Sekilo Disiksa di Poldasu


sumber : Pos Metro Medan

Jumat, 29 Januari 2010
MEDAN-Ingat aksi Polres Langkat menggagalkan peredaran sekilo sabu dari seorang warga Aceh yang menumpang bus L-300 tujuan Medan pada 28 Desember 2009 ? Usai dibui di Polres Langkat, Muhammad Amin (34), tersangka kurir sekilo sabu itu, kini ditahan di sel Dit Narkoba Poldasu di Medan, menyusul anggota Sat I/Idik Narkoba Poldasu membekuk Jafar, disebut-sebut pemilik sabu senilai Rp 2,3 miliar itu.

Begitu polisi menciduk Jafar dari tempat persembunyiannya di Jakarta, guna pengembangan kasus, Amin, warga Dusun Kedondong, Desa Matang Neuheun, Kec. Nurussalam Bagok, Aceh Timur, itu pindah sel sejak 2 pekan lalu. Di sinilah Amin disiksa di sela pemeriksaan kasus sabu seberat 1.016,6 Kg itu. Setidaknya, demikian pengakuan tim kuasa hukum Amin dari Mahmud Irsad Lubis SH Advocat & Rekan.

Versi tim pengacaranya, Sabtu (23/1) sore lalu Amin ‘dibon’ alias diperiksa oleh petugas juru periksa (Juper), Aiptu Hel. Agendanya, pengakuan Amin dikronfrontir dengan Jafar yang dihadapkan padanya. “Memang, klien saya (Amin) kenal dengan Jafar,” aku Mahmud Irsad Lubis SH MH, didampingi timnya, yakni Rangga Budiantara SH, Rahmad Sidik SH, Erwin Asmadi SH dan Ahmad Sukri Hasibuan SH, kepada wartawan di Mapoldasu, kemarin (28/1).

Begitu diboyong dari sel ke ke ruangan pemeriksaan, versi Irsan Lubis, Aiptu Hel menghadapkan Amin dengan gergaji, martil dan kayu balok ukuran 2 x 3 Inchi. “Kau mau diperiksa sebagai manusia atau sebagai binatang?” kata Aiptu Hel pada Amin, ditirukan Irsad.

Mendengar itu, Amin meminta diperiksa secara manusiawi. “Klien kami sudah memohon agar tidak dianiaya, tapi penyidik arogan itu tetap menganiayanya dengan benda tumpul yang sudah dipersiapkannya,” sambung Irsad.

Aiptu Hel, yang pernah ‘dibuang’ sekian bulan ke Nias Selatan akibat buntut dugaan suap Rp 600 juta di balik penyelidikan kasus ekstasi 19 tamu Karaoke Stroom beberapa tahun lalu, menurut Irsan, mulai main ‘press’ saat Amin tidak menjawab soal siapa pemilik sekilo sabu bawaannya. Martil dan kayu langsung dilayangkan berkali-kali ke tubuh Amin. Penyiksaan itu membuat wajah, kepala dan paha Amin memar.

“Klien kami diperlakukan seperti binatang, ini kan hukum. Proses hukum itu hanya berlaku kalau ada pembuktian bukan pengakuan, jadi jelas klien kami dipaksa untuk mengakui bahwa sabu itu memang dibawanya atas suruhan Jafar,” sambung Irsad.

Karena Amin tidak mengaku, imbuh Irsan, Aiptu Hel semakin beringas menyiksanya. Penyiksaan berhenti begitu Jafar memohon pada Aiptu Hel. Bahkan, agar tak lagi disiksa, Jafar meminta Amin agar mengakui saja membawa sabu atas suruhannya.

Demi tak lagi disiksa saat diperiksa itulah, “Klien kami terpaksa mengakui bahwa sabu itu atas suruhan Jafar.” Irsad mengaku telah melaporkan kasus penyiksaan di balik pemeriksaan ini pada Direktur Narkoba Poldasu dan Kabid Propam Poldasu. “Aksi seperti itu sudah tidak pantas lagi di era reformasi Polri sekarang, jadi tindakan ini menandakan Polri belum profesional dalam menyidik kasus,” kecamnya.

Jika pengakuan tim kuasa Amin benar, Kabid Humas Polda Sumut Kombes (Pol) Drs Baharudin Djafar melalui Kasubbid Dok Liput AKBP MP Nainggolan kemarin mengaku tidak membenarkan perbuatan Aiptu Hel. Menurut Nainggolan, dalam pengungkapan suatu kasus, polisi (penyidik) tidak perlu mencari pengakuan, tapi pembuktian.

Soal pengaduan tim kuasa hukum Amin, “Sebagai masyarakat, sudah menjadi haknya untuk melaporkan anggota polisi seperti ini yang bertindak salah atau telah menyakiti masyarakat,” kata Nainggolan dengan nada terdengar geram.

Pengakuan senada mengutuk aksi Aiptu Hel juga dilontar Dir Narkoba Poldasu Kombes Jhon Turman Panjaitan. Pun begitu, “(kasusnya) Saya belum tahu, tapi hal seperti itu jelas salah dan tidak dibenarkan, nanti saya cek,” kata Panjaitan pada POSMETRO MEDAN.

Lalu apa komentar Aiptu Hel atas tuduhan yang menyerangnya ini? Hingga kemarin, ponsel pribadinya tak bisa dihubungi. Bahkan, ditanya POSMETRO MEDAN lewat SMS, Juper ‘capek’ di Dit Narkoba Poldasu itu pun tak membalas. (zul)

Satu Tanggapan

  1. Anda orang yang luar biasa, tulisan Anda menyegarkan…teruslah menulis.
    http://mobil88.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: