Pemekaran Kabupaten Langkat Merupakan Aspirasi Masyarakat


sumber : harian analisa

Stabat, (Analisa)

Ketua Forum Pemekaran Kabupaten Teluk Aru H. Yan Syahrin, SE menyatakan wacana pemekaran Kabupaten Langkat menjadi tiga kabupaten yakni, Kabupaten Langkat sebagai Kabupaten induk, Kabupaten Teluk Aru dan Kabupaten Langkat Hulu,
merupakan aspirasi yang berkembang di tengah masyarakat sejak tahun 2003 lalu.

“Sebenarnya wacana Pemekaran Kabupaten Langkat menjadi tiga Kabupaten merupakan aspirasi yang berkembang di tengah masyarakat sejak tahun 2003 yang lalu.”ujar Yan Syahrin kepada wartawan, Minggu (21/2) di Pangkalan Brandan.

Menurutnya, masyarakat sangat berharap dengan terbentuknya kabupaten baru akan membawa dampak yang positif kepada masyarakat lokal, karena kondisi saat ini masih banyak daerah-daerah yang terisolir dari ibukota kabupaten bahkan dari Ibukota kecamatan.

Dikatakan Tokoh Masyarakat Teluk Aru ini, seluruh Fraksi di DPRD Sumut dalam rapat paripurna 15 Pebruari 2010 lalu memutuskan menyetujui pemekaran Kabupaten Langkat menjadi tiga kabupaten dan keputusan itu dituangkan dalam Keputusan DPRD Sumut Nomor : 2 / K/ 2010 tanggal 15 Pebruari 2010 dan ditandangani H Saleh Bangun selaku Ketua DPRD Sumut.

“Untuk langkah selanjutnya kita bersama seluruh elemen masyarakat yang ada di Teluk Aru akan berusaha semaksimal mungkin mendesak pemerintah pusat namun tetap berkoordinasi dengan Bupati Langkat agar segera menyetujui terwujudnya Kabupaten Teluk Aru dan Kabupaten Langkat Hulu. Pekerjaan besar ini jelas membutuhkan dana yang besar, namun kita tetap berkomitmen tidak akan membebani masyarakat yang kehidupannya sudah cukup memprihatinkan” urai Yan Syahrin yang juga merupakan legislator di DPRD Sumut itu.

Koordinator Kelompok Study dan Edukasi Masyarakat Marginal (K-SEMAR) Sumut, Togar Lubis secara terpisah ketika dimintai Analisa tanggapannya, Minggu (21/2) melalui telepon seluler, mengungkapkan, ia berharap agar pemerintah pusat segera merealisasikan terbentuknya Kabupaten Teluk Aru dan Kabupaten Langkat Hulu.

Menurutnya, dengan terbentuknya kedua kabupaten baru itu, pembngunan infrastruktur untuk kepentingan masyarakat, khususnya di Langkat Hulu akan jauh lebih berkembang, sebab memiliki sumber daya alam yang sangat ekonomis hingga tidak akan membebani keuangan pemerintah pusat.

Togar menyarankan agar proses pemilihan kepala daerah di kedua kabupaten baru itu nantinya dilakukan secara serentak dengan Kabupaten Langkat sebagai kabupaten induk yaitu pada pada tahun 2014.

Hal ini perlu menjadi perhatian, sebab biaya pilkada yang dilakukan serentak di tiga kabupaten akan jauh lebih kecil dibanding jika dilakukan secara sendiri-sendiri. Pilkada serentak juga akan menghindarkan mobilisasi suara massa disejumlah Kecamatan yang berbatasan langsung dengan kecamatan lainnya antar kabupaten.

“Kita berharap pemerintah pusat segera menyetujui terbentuknya Kabupaten Langkat Hulu dan Teluk Aru dan bila dalam waktu 2 tahun masa percobaan tidak terlihat perubahan ekonomi masyarakat ke arah yang lebih baik, kita juga sepakat agar kedua kabupaten tersebut kembali ke kabupaten Langkat sebagai kabupaten induk” ungkap Togar. (hpg)

4 Tanggapan

  1. Pemekaran?
    Sumut pantas menjadi 11 provinsi kecil-kecil Alasan: sepanjang sejarah belum ada gubernur yang mampu berbuat memajukan Sumut. Perkecil daerahnya hingga Gubernur itu sibuk mengurus daerah, bukan mengurus kepentingan pengamanan politik diri sendiri.
    http://nbasis.wordpress.com/2009/02/25/keniscayaan-pemekaran-sumutperubahan-paradigma-kepemerintahan/

  2. percepatlah pemekaran itu……

  3. Asal jangan untuk membuka kesempatan menjadi bupati kemudian jadi raja kecil yang menyengsarakan rakyat sangat setuju.

  4. pemekaran yess,,,,
    asal jgn dijadikan alat politik bagi seseorang atau kelompok tertentu yang kepentingannya tidak terakomodir di daerah induk.
    SEMOGA!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: