Proyek Diterlantarkan, Dinas PU Langkat Dipolisikan


sumber : Harian Global

Written by M Arfan Lubis
Thursday, 11 March 2010 10:42

Banyak temuan pengerjaan proyek pembangunan infrastruktur yang bersumber dari APBD Langkat tahun anggaran 2009, yang dikerjakan tidak sesuai dengan bestek bahkan ada yang sama sekali diterlantarkan.

Anehnya Dinas Pekerjaan Umum (PU) Langkat selaku penanggungjawab teknik dan pengawas proyek-proyek tersebut terkesan tutup mata bahkan terindikasi berkolusi dengan para rekanan.

Salah satu contoh adalah proyek pengerasan jalan sepanjang 3500 x 3 meter di Dusun IV, Desa Alur Gadung, Kecamatan Sawit Seberang, Kabupaten Langkat.

Berdasarkan investigasi yang dilakukan oleh Kelompok Kerja (Pokja) Investigasi Kelompok Studi dan Edukasi Masyarakat Marginal (K-SEMAR) Sumatera Utara, sampai dengan tanggal 18 Februari 2010.

Kondisi pengerjaan proyek tersebut sepanjang +/- 1000 meter telah selesai dikerjakan, sepanjang +/- 1400 meter belum digilas dan sepanjang +/- 1100 meter sama sekali tidak dikerjakan.

Padahal mengacu Keputusan Presiden RI Nomor 80 tahun 2003, seluruh proyek yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) harus sudah selesai dikerjakan paling lambat tanggal 31 Desember tahun berjalan.

“Pada tanggal 6 Februari 2010 lalu kita telah sampaikan permohonan klarifikasi tentang proyek tersebut kepada Kadis PU Langkat dengan surat Nomor 82/K-SEMAR/II/2010, namun tidak mendapat jawaban dan pengerjaan proyek tersebut tetap diterlantarkan,” kata Koordinator K-SEMAR Sumut, Togar Lubis, Rabu (10/3) di Stabat.

Dinilai hal ini jelas berpotensi merugikan keuangan negara atau keuangan daerah makanya dilaporkan kepada penyidik Polres Langkat. “Dan tadi surat laporan kita telah diterima oleh Kataud Polres Langkat J Situmorang,” ungkapnya.

Dalam laporan pengaduan dengan nomor 86/K-SEMAR/III/2010, bertanggal 10 Maret 2010 tersebut, K-SEMAR Sumut juga minta kepada penyidik Polres Langkat agar segera memeriksa Staf Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Langkat yang bertanggung jawab atas pelaksanaan Proyek tersebut yaitu Muchtar dan Rico ST selaku Direksi Teknis Proyek dan Asisten Teknik Proyek.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: