Syamsul Curhat di Musda ke-VI MABMI: “Saya Ikhlas Dihukum”


sumber : Harian Sumut Pos

LANGKAT-Tersangka kasus dugaan korupsi APBD Langkat Tahun 2000-2007 senilai Rp31 miliar, Syamsul Arifin SE, pasrah dan siap mendapat hukuman atas perbuatannya jika dirinya terbukti bersalah. Apalagi, saat ini seluruh keluarganya sudah ikhlas dengan segala risiko yang akan dihadapi Syamsul.

“Kalau saya dihukum ya dihukum, tidak perlu ada penyesalan, karena adik saya sudah ikhlas, anak juga ikhlas, apalagi ibu saya, lebih ikhlas, kalau pun saya dihukum, akan saya jalani, karena umur saya pun tinggal berapa tahun lagi, sekarang umur saya 58 tahun, kalau ikut umur Nabi, paling 5 tahun lagi saya hidup di dunia ini,” ungkap Syamsul Arifin, saat menghadiri pembukaan Musda ke-VI Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) Langkat, Kamis (6/5) di rumah adat melayu Stabat.

Meski siap menerima hukuman, Syamsul merasa sedih dengan adanya pemberitaan atas dirinya yang menyebutkan tersangka. Ditambah lagi, dengan adanya syukuran sejumlah warga atas penetapan dirinya sebagai tersangka kasus dugaan korupsi APBD Langkat senilai Rp102 miliar itun
“Saya sedih dengan pemberitaan fitnah yang menyebutkan saya tersangka, apalagi ada orang Langkat yang syukuran atas fitnah itu,” katanya.

Di hadapan sejumlah pemangku adat melayu, Muspida Langkat dan sejumlah warga yang hadir pada acara tersebut, Syamsul melontarkan pernyataan kerasnya terhadap warga Langkat yang membuat syukuran atas penetapan tersangka dirinya. Dirinya menyebutkan, orang yang membuat syukuran tersebut bukan orang Langkat.
“Saya yakin, yang membuat syukuran itu bukan orang Langkat, karena orang Langkat memiliki adab. Yang membuat syukuran itu juga bukan orang, karena kalau orang, tak mungkin dia tertawa di atas bangkai saudaranya,”cetusnya.

Sebelumnya, Masyarakat Pancasila Indonesia (MPI) Langkat, menggelar acara syukuran atas penetapan tersangka terhadap mantan Bupati Langkat dua periode itu, dengan memberi makan anak yatim di Desa Karang Anyar, Secanggang beberapa waktu lalu. Bahkan, MPI Langkat, berencana akan menyembelih lembu, jika nantinya Syamsul Arifin ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI atas tuduhan dugaan korupsi APBD Langkat.

Pada kesempatan itupula, Syamsul menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada sejumlah elemen masyarakat Langkat, yang menyatakan sikap mendukung dirinya baik dalam menjalankan tugas sebagai gubernur maupun atas problema hukum yang tengah dirasakannya. “Saya kaget dengan pernyataan sikap sejumlah elemen masyarakat Langkat, saya kira hanya dukungan buat saya saja, karena saya tengah dirundung masalah, ternyata dukungan buat saya dan Bupati Langkat,”katanya dengan suara sendu.

Sebelum menghadiri pembukaan Musda VI MABMI Langkat, Syamsul juga sempat menyampaikan pernyataan serupa saat berkunjung ke perkampungan Besilam menghadiri Haul Tuan Guru Babussalam Syiekh Abdul Wahab Rokan Al Khalidi Naqsyabandi ke-86.
Di sana, Syamsul juga meminta doa restu Tuan Guru Babussalam Syiekh Hasyim Al Syarwani dan seluruh pengikutnya, agar diberi kekuatan dalam menjalankan tugas dan menghadapi segala cobaan yang menerpa dirinya.

“Saya mintakan kepada para ulama di sini (Besilam), untuk mendoakan saya dan seluruh pejabat di Sumut, agar tidak melakukan perbuatan menyimpang dan diberi kekuatan untuk menghadapi cobaan dan menjalankan roda pemerintahan,”pintanya.

Sementara itu, meskipun sudah ditetapkan sebagai tersangka, namun Syamsul Arifin masih belum ditahan. M Jasin, Pimpinan Kolektif KPK menjelaskan, bahwa sampai saat ini memang belum ditahan, karena tim sedang mengembangkan penyidikan.

“Apabila yang bersangkutan kooperatif, tidak lari atau tidak menghilangkan barang bukti, maka penahanan masih dipertimbangkan untuk tidak dilakukan,” ujar Jasin di Gedung KPK, Kamis (6/5).
Senada dengan Jasin, Bibid S Riyanto menjelaskan, “Tapi kita masih pertimbangan, selama tersangka tidak melakukan intimidasi kepada pelapor saya kira pertimbangan tidak ditahan dulu,” lanjut Bibid. (ndi/ard/rm/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: