KPK-Didesak-Menahan-Gubernur-Sumut


sumber : http://bataviase.co.id

15 May 2010

Lihat juga versi METRO TV : KPK Dinilai Tak Tegas Tangani Kasus Gubernur Sumut
KPK Didesak Menahan Gubernur Sumut

Penuntasan dugaan kasus korupsi APBD Langkat yang melibatkan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Syamsul Arifin terus disuarakan. KEMARIN, puluhan massa yang tergabung dalam Masyarakat Pancasila Indonesia (MPI) menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jalan HR Rasuna Said, Jakarta.

Koordinator K-SEMAR Sumut, Togar Lubis saat orasi bersama MPI di depan gedung KPK, Jum'at (14/5)

Massa yang dipimpin Ketua MPI Langkat, Misno Adi dan Koordinator Kelompok Study dan Edukasi Masyakarat Marginal (K-SEMAR) Sumut, Togar Lubis mendesak KPK segera menahan Gubernur Sumut Syamsul Arifin yang sejak sebulan lalu sudah resmi ditetapkan sebagaitersangka.

Selama satu jam, massa yang berdiri persis di pintu masuk utama gedung KPK itu meneriakkan yel-yel tangkap Syamsul Arifin sekarang juga!. Kalimat itu terus diteriakkan dengan nada dinyanyikan bersama-sama. “Aneh, sudah sebulan Syamsul jadi tersangka, kenapa belum juga ditahan? Padahal, para tersangka korupsi lain langsung ditahan. KPK bertindak diskriminatif,” teriak Togar Lubis dalam orasinya.

Sementara, Misno Adi dalamorasinya, secara panjang lebar menceritakan sikap Syamsul Arifin yang hingga kini merasa belum menjadi tersangka. “Syamsul malah merasa difitnah, padahal sudah jelas menjadi tersangka kasus korupsi. KPK harus cepat menahan dia,” teriak Misno.

Menanggapi penjelasan Wakil Ketua KPK Bibit Samad Rianto bahwa tidak ditahannya Syamsul Arifin karena yang bersangkutan kooperatif, Misno mengatakan hal itu subyektif. Para unjuk rasa yang mengenakan kaos seragam motif loreng itu membawa lima spanduk ukuran besar.

Bunyi spanduk itu antara lain, “KPK dengan Syamsul Arifin Main Sandiwara. Spanduk yang lain berbunyi, Jika Terjadi Keributan di Masyarakat Sumut, KPK Bertanggung Jawab. Tak beberapa lama setelah berorasi, Misno Adi, Togar, dan beberapa aktivis lainnya diterima Yuyuk Andriati, dari Bagian Humas KPK.

Di hadapan anak buah Johan Budi ini, Misno dkk kembali menyampaikan aspirasinya, yakni minta Syamsul segera ditahan. Yuyuk menyatakan, aspirasi itu akan secepatnya disampaikan ke pimpinan KPK. Yuyuk juga dimintai ketegasan mengenai status Syamsul.

“Dibenarkan bahwa Syamsul sudah tersangka dan sudahdicekal. Itu kata Ibu Yayuk tadi,” ujar Misno menceritakan hasil pertemuan. , Sedangkan, Gubernur Sumut Syamsul Arifin saat dikonfirmasi Rakyat Merdeka, tadi malam, tidak mau berkomentar banyak terkait tuntutan massa di gedung KPK, kemarin.

Syamsul mengaku sudah capek dan bosan menanggapi desakan sejumlah massa itu. “Ya, sudahlah saya sudah bosan menanggapi desakan itu. Saya sudah berulangkali menanggapinya.” katanya. Meski demikian, Ketua DPD Partai Golkar Sumut ini menyatakan siap kalau diperiksa KPK. “Sebagai warga negara yang baik, saya harus siap dan bersikap kooperatif,” katanya. QAR

Satu Tanggapan

  1. semangat..salam kenal…

    thanks….

    di tunggu kunjungan baliknya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: