Palsukan Ijazah Untuk Jadi Kades – Supandi Dilapor ke Polres Langkat


sumber : Harian Global

Written by M Arfan Lubis
Tuesday, 09 November 2010 09:13

Diduga memalsukan dan mempergunakan Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SMP) palsu untuk menjadi Kepala Desa (Kades), Supandi (53) warga Dusun 6 Desa Suka Maju Kecamatan Tanjung Puradilaporkan ke Polres Langkat, Senin (8/11).

Laporan pengaduan tersebut disampaikan oleh Kelompok Studi dan Edukasi Masyarakat Marginal (K-SEMAR) Sumatera Utara ke Polres Langkat dengan Nomor Surat: 91/K-SEMAR/XI/2010 bertanggal 8 November 2010 dan ditandantangani oleh Togar Lubis SH selaku Koordinator.

Laporan tersebut diterima oleh Kepala Seksi Umum Polres Langkat J Situmorang.

Dalam laporannya, K-SEMAR menduga untuk memenuhi salah satu persyaratan menjadi bakal calon Kades Suka Maju Kecamatan Tanjung Pura pada November 2009 lalu, Supandi telah memalsukan STTB SMP dengan Nomor: II B b No. 00185 dengan Nomor Daftar Induk 2294 atas nama siswa Sajani, perempuan, alumni SMPN 1 Tanjungpura tahun 1972 .

K-SEMAR juga minta Polres Langkat segera melakukan penyelidikan dan penyidikan serta menjerat Supandi dengan sangkaan melakukan tindak pidana membuat surat palsu atau memalsukan surat yang dapat
menerbitkan sesuatu hak sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 263 ayat (1) dan (2) dari KUHPidana dengan ancaman 6 tahun penjara.

“Modus pemalsuan ijazah tersebut diduga dilakukan Supandi dengan cara merubah identitas siswa pada foto copy ijazah asli. Identitas yang diubah antara lain tahun lahir siswa dari 13 Mei 1956 menjadi 13 Mei 1957, nama siswa dari Sajani menjadi Supandi, merubah nama orang tua.

siswa dari Saad Al Saad menjadi Tasmin serta mengganti pasphoto Sajani dengan pasphoto Supandi sehingga sebahagian stempel sekolah terlihat tertimpa” beber Togar Lubis kepada wartawan di Stabat, Senin (8/11).

Ditambahkannya, bahwa pemilik ijazah asli yang dipalsukan oleh Supandi saat ini adalah seorang Ibu Rumah Tangga berumur 54 tahun, berdomisili di Jalan Bambu Runcing, Tanjung Pura atau tepatnya di belakang SDN 5 Tanjungpura.

Satu Tanggapan

  1. bagus tu ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: