Terancam hukuman 20 tahun bui, Gubernur Syamsul Senang Jadi Terdakwa Korupsi


sumber : Vivanews.com

Senin, 14 Maret 2011, 14:09 WIB

Arry Anggadha, Desy Afrianti

Gubernur Sumatera Utara Syamsul Arifin (ANTARA/Irsan Mulyadi)


VIVAnews – Gubernur Sumatera Utara, Syamsul Arifin, mengaku bangga menjadi terdakwa kasus korupsi. Dia sama sekali tidak takut jika disidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi atas kasus yang dinilainya telah dipolitisasi itu.

“Orang pada takut masuk ke pengadilan Tipikor, tapi saya bangga,” kata Syamsul di Pengadilan Tipikor, Senin 14 Maret 2011.

Sebelumnya jaksa penuntut umum mendakwa Syamsul telah melakukan penyelewengan dana APBD Kabupaten Langkat. Syamsul dijerat dengan Pasal 2 ayat (1) dan atau Pasal 3 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Syamsul mengungkapkan, bahwa perkara yang didakwakan padanya adalah politis. Karena menurut Syamsul, dia ditarget oleh orang yang iri terhadapnya untuk lengser dalam waktu 6 bulan. “Alhamdulillah sebagai anak tukang kue saya jadi DPRD 10 tahun, 10 tahun jadi bupati, dan tiga tahun jadi Gubernur,” tambahnya.

Meski begitu Syamsul tidak menyangka sebelumnya jika dia akan duduk menjadi pesakitan di sidang Tipikor. “Tidak pernah saya membayangkan bisa duduk di sini. Saya masih orang terhormat, belum dipecat jadi gubernur,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Syamsul juga menyampaikan kepada majelis hakim  tidak akan menyampaikan eksepsi atau nota keberatan terhadap dakwaan jaksa. “Karena pendapat saya asas peradilan kita ini harus bejalan cepat, murah dan adil. Kalau eksepsi, tambah pula satu bulan. Tambah pula tahanan saya di dalam,” terangnya.

Dia pun meyakini jika pengadilan nantinya akan memutus dirinya tidak bersalah dalam perkara ini. “Saya ingin menegakkan keadilan. Saya yakin kebenaran itu akan jadi mukjizat dari tipikor,” katanya. (umi)

• VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: