Kementerian PP-PA Minta Polres Langkat Tuntaskan Perkara Penganiayaan Anak


sumber : http://beritasore.com

LANGKAT (Berita): Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP-PA) berharap Kapolres Langkat menuntaskan perkara penganiayaan Fadhilah, 10, siswa kelas IV SDN 057764 Desa Telaga Said, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, yang diduga dilakukan oleh guru kelasnya bernama Jasimah Verawati. Harapan tersebut disampaikan menteri negara melalui surat dengan Nomor : B-684/Set/KPP-PA/Rokum/04/2011 bertanggal 21 April 2011 dan ditandatangani oleh Sri Danti selaku Sekretaris Kementerian.

Dalam surat yang ditembuskan kepada Kapolda Sumut dan Koordinator Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Langkat tersebut, KPP-PA menyatakan bahwa untuk memberikan perlindungan khusus kepada anak korban kekerasan dan sebagai upaya untuk menegakkan keadilan bagi Fadhilah sebagai korban kekerasan sebagaimana diatur dalam UU No.23 tahun 2002 tertang perlindungan anak dan tanpa bermaksud mengintervensi kewenangan Polri, kiranya perkara tersebut dapat ditindaklanjuti sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku guna kepentingan terbaik bagi anak.

Koordinator P2TP2A Langkat, Togar Lubis, ketika dikonfirmasi Berita perihal ini membenarkan telah menerima tembusan surat dari KPP-PA tersebut. “Kita telah menerima tembusan surat yang disampaikan KPP-PA kepada Kapolres Langkat tersebut dan kita juga berharap agar perkara penganiayaan anak ini segara dituntaskan oleh Polres Langkat. Hal ini perlu demi rasa keadilan bagi korban, kepastian hukum bagi korban dan tersangka serta kemanfaatan bagi perlindungan anak di Indonesia,” kata Togar Lubis.

Seperti diberitakan sebelumnya, perkara penganiayaan anak yang dilakukan oleh Jasimah Verawati, oknum guru sekolah dasar negeri 057764 Desa Telaga Said, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat telah dilaporkan ke Polres Langkat pada tanggal 9 Agustus 2010 dengan Laporan Polisi Nomor : LP/313/VIII/2010/LKT. Perkara ini telah disidik oleh Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Langkat dengan menetapkan Jasimah Verawati sebagai tersangka. Hal ini diketahui berdasarkan surat jawaban Polres Langkat dengan nomor : B/262/IX/2010 dan tidak memiliki tanggal ditandatangani oleh Kasat Reskrim Polres Langkat yang ditujukan kepada P2TP2A Langkat.

Ditambahkan oleh Togar Lubis, menindaklanjuti belum dituntaskannya perkara penganiayaan Fadhilah dan perkara penganiaayaan anak lainnya oleh Polres Llangkat, pihaknya akan segera melakukan konsultasi dan koordinasi dengan sejumlah pakar hukum pidana di Sumut dan tidak tertutup kemungkinan jika memungkinkan akan mengajukan gugatan Praperadilan terhadap Polres Langkat. (lin)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: