Perkara Pembakaran Rumah Sekdakab Langkat Kembali Diusik


sumber : http://www.harianorbit.com

Medan-ORBIT: Misteri pembakaran rumah mantan Sekdakab Langkat Achyar Simin dikhawatirkan menimbulkan fitnah. Demi kepastian hukum, kepolisian harus menuntaskan janji untuk menggelar perkara kasus tersebut.

Kliping koran Achyar Simin


Informasi dikumpulkan Harian Orbit hingga Selasa (21/6) diketahui, misteri pelaku pembakaran rumah Sekdakab Langkat telah kembali membuka mata masyarakat Langkat. Tak urung, masyarakat mendesak kepada aparat penagak hukum untuk menuntaskan kasus tersebut demi kepastian hukum.
Penegasan tersebut disampaikan Kordinator Kelompok Studi dan Edukasi Masyarakat Marginal (K-Semar) Langkat Togar Lubis kepada Harian Orbit Selasa (21/6).

Dipaparkannya, kasus pembakaran rumah milik Sekretaris daerah Kabupaten (Sekdakab) Langkat lalu Achyar Simin sampai saat ini masih menyimpan misteri.

Untuk itu, kata Togar, kepolisian daerah Sumatera Utara (Poldasu) harus merealisasikan janjinya menuntaskan kasus tersebut.
Sebab, menurut Togar, semasa tampuk jabatan dipimpin Kapoldasu Bambang Hendarso Danuri (BHD), Kapldasu berjanji akan menuntaskan dan menggelar perkara kasus pembakaran tersebut.

“Namun sampai saat dia menjabat Kapolri pun, janji tersebut tak pernah terealisasi. Sekarang kami menuntut janji itu untuk segera direalisasikan dengan menggelar perkara kasus itu,” tegas Togar.

Togar yang juga aktivis anak itu juga menambahkan, gelar perkara yang akan diambil nantinya bertujuan untuk mencari kepastian hukum yang sebenarnya. Sebab, tandas Togar, selama ini kasus tersebut diselimuti misteri dan dikhawatirkan menimbulkan fitnah.

“Demi kepastian hukum dan menghindari fitnah, maka kami minta kepolisian harus melakukan gelar perkara terhadap kasus pembakaran tersebut,” tegas Togar lagi.

Di sisi lain, Togar menjelaskan peristiwa pembakaran itu diduga melibatkan beberapa tokoh pemuda yang kini sudah meninggal dunia. Namun, kata Togar, setidaknya kepolisian harus bisa membuka tabir pelaku pembakaran yang selama ini terus menjadi mesiteri.

“Meskipun kepolisian tak bisa lagi meminta keterangan dari beberapa orang yang diduga terlibat pada waktu itu, namun sekali lagi saya tegaskan setidaknya kepolisian harus melakukan gelar perkara untuk mengungkap kebenaran yang ada,” ungkap Togar.

Untuk itu, dia meminta kepada mantan Kapoldasu BHD untuk merealisasikan janji yang pernah diungkapkan kepada masyarakat untuk penuntasan kasus pembakaran itu.

Diketahui, pemberitaan Harian Orbit edisi Selasa (21/6) mengungkapkan pernyataan jujur tersangka kasus ‘soda api’ AZH ditengarai bisa membuka tabir misteri pelaku pembakaran itu. AZH yang merupakan tokoh pemuda di Langkat disinyalir mengetahui dalang pembakaran rumah Achyar Simin.

Atas peristiwa yang terjadi 6 Oktober 2007 pukul satu dini hari itu, isteri dan puteri Achyar menjadi korban dan meninggal dunia. Sedangkan Achyar hingga saat ini menderita cacat akibat luka bakar serius yang dialaminya. Om-12

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: