Lanjutan Kasus Tandatangan Orang Mati Dipalsukan, Saksi : “Dibuat di Kantor ICW Langkat”


Sumber : harian Pos Metro Medan, Rabu 27 Juli 2011

Terkait dugaan pemalsuan tandatangan orang yang telah mati yang dilaporkan Zulkarnain Matondang (52), warga Jl. Khairil Anwar, kelurahan Pekan Tanjung Pura, Langkat, dan diduga dilakukan oleh oknum Ketua ICW Langkat M. Mas’ud Als Dimas (37), Polres Langkat telah memeriksa lima orang saksi.

Dihadapan penyidik Polres Langkat, salah seorang saksi menjelaskan kronologis pemalsuan tandatangan Almarhum Ilyas Mamoto yang telah meninggal dunia tahun 1988 lalu di surat ganti rugi tanah kepada Almarhum H. T. Abdullah Umar dilakukan oleh Ketua ICW Langkat M. Mas’ud Als Dimas (37) dan dibuat sekitar bulan April 2011 di kantor ICW Langkat. Saksi tersebut juga menjelaskan bahwa ukuran tanah di surat asli diatas kertas segel dengan nomor 154/BB/1986, bertanggal 15 Nopember 1986 atas nama Ilyas Mamoto, telah dirubah dari ukuran aslinya 1,5 Ha menjadi 56 Ha.

“Waktu itu saya sempat melarang si Dimas agar jangan merubah ukuran tanah di surat asli keterangan tanah dengan nomor 154/BB/1986 atas nama Ilyas Mamoto. Tapi ternyata beberapa hari kemudian saya lihat ukuran tanah di surat asli tersebut telah dirubah dari 1,5 Ha menjadi 56 Ha dan si Dimas memperlihatkan kepada saya foto copy surat ganti rugi tanah dari Almarhum Ilyas Mamoto kepada H. T. Abdullah Umar tahum 1996 dan foto copy ganti rugi tanah dari anak almarhum H.T. Abdullah Umar bernama Ir.H.T. Iskandar kepada kepada Dimas tanggal 12 Agustus tahun 2009” beber saksi yang namanya dirahasikan kepada Pos Metro, Jum’at (22/7) seusai memberikan keterangan kepada Penyidik Polres Langkat.

Sebelumnya, Selasa (19/7) saksi lainnya berinisial DA (54) juga telah memberikan keterangan dalam bentuk BAP Pro Yustisia di hadapan penyidik Polres Langkat. Kepada penyidik DA menjelaskan bahwa sekitar bulan April 2011 Dimas ada menemuinya dan mempertanyakan dimana lokasi tanah milik Almarhum Ilyas Mamoto.

“Saat itu Dimas datang sambil memperlihatkan selembar surat asli diatas kertas segel dengan nomor 154/BB/1986, bertanggal 15 Nopember 1986 atas nama Ilyas Mamoto, dan ukurannya masih 1,5 Ha. Disebabkan Dimas saat itu menjelaskan bahwa ahli waris Almarhum Ilyas Mamoto ingin mengetahui dimana lokasi tanah tersebut, akhirnya saya tunjukkan. Tapi beberapa hari kemudian dia datang lagi dan memperlihatkan kepada saya fotocopy surat ganti rugi tanah dari Almarhum Ilyas Mamoto kepada H. T. Abdullah Umar tahum 1996 dan foto copy ganti rugi tanah dari anak almarhum H.T. Abdullah Umar bernama Ir.H.T. Iskandar kepada kepada Dimas tanggal 12 Agustus tahun 2009 dan ukurannya telah berubah menjadi 56 Ha. Saat itu saya langsung protes, sebab berarti ada sebanyak 54,5 Ha tanah masyarakat Desa Bubun berubah jadi miliknya” terang DA usai menjalani pemeriksaan kepada Pos Metro Medan.

Pantauan Pos Metro Medan kasus pemalsuan tandatangan orang mati ini masih terus diperdalam oleh Polres Langkat dengan memeriksa sejumlah saksi. Berdasarkan informasi yang dihimpun Wartawan anda, aksi pemalsuan serupa yang diduga dilakoni oleh M. Mas’ud Als Dimas tidak hanya dalam perkara pemalsuan tanda tangan almarhum Ilyas Mamoto.

Pada bulan Juni lalu pihak Yayasan Apipsu Universitas Cut Nyak Dhien Medan kepada Pos Metro juga mengaku bahwa lokasi tanah bekas bangunan sekolah mereka di Desa Pekubuan Kecamatan Tanjung Pura juga diakui si Dimas merupakan miliknya dan dalam waktu dekat akan dilaporkan ke Polres Langkat. Bahkan asrama Polri di depan sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Tanjung Pura juga diakui Dimas merupakan miliknya dan menurutnya diperoleh dari ganti rugi pada tahun 2002 dan saat ini sedang ditawarkannya pada pembeli. (wis).

Satu Tanggapan

  1. Ya.. kalau itu memang benar terjadi unsur penipuan kepada masyarakat yang dilakukan oleh oknum Dimas masukkan aja ke penjara bila bukti2 nya lengkap… pak polisi jangan takut dehh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: