Kades di Tj Pura Gunakan Gelar Sarjana ‘Aspal’


sumber : http://harianandalas.com

Stabat-andalas, Sejumlah kepala desa (Kades) di Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, diduga menggunakan ijazah kesarjanaan aspal (asli tapi palsu). Salah seorang di antaranya adalah Kades Pantai Cermin berinisial SY, yang mencantumkan gelar Sarjana Ekonomi (SE) di depan namanya.

Hal ini diungkapkan Koordinator Kelompok Studi dan Edukasi Masyarakat Marginal (K-SEMAR) Sumut, Togar Lubis SH MH, kepada sejumlah wartawan di Stabat, kemarin.

Menurut Togar Lubis, para Kades yang memakai gelar kesarjanaan tersebut sama sekali tidak pernah mengikuti kegiatan perkuliahan sebagaimana layaknya seorang mahasiswa. Dengan demikian, mereka sama sekali tidak mengetahui siapa teman kuliahnya, siapa nama-nama dosen, serta siapa nama dosen wali dan pembimbing skripsinya.

Bahkan yang lebih parahnya lagi, mereka sama sekali tidak mengetahui apa pengertian dan kepanjangan KRS dan KHS. Para kepala desa tersebut, hanya hadir di kampus salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) satu kali, untuk mengikuti ujian skripsi dan selanjutnya menghadiri acara wisuda pada bulan September 2010 lalu.

“Para kepala desa yang menggunakan ijazah kesarjanaan asli tapi palsu tersebut, tentu dapat dijerat dengan Pasal 263 ayat (2) KUHPidana jo Pasal 68 Ayat (2) UU Nomor : 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional dengan ancaman pidana penjara paling lama lima tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp 500 juta,” tegas Togar Lubis.

Sebelumnya, K-SEMAR juga telah melaporkan dugaan penggunaan ijazah palsu salah satu calon Kades Suka Maju, Kecamatan Tanjungg Pura bernama Supandi ke Polres Langkat, akhir Februari 2012 lalu. Dan, Supandi yang memalsukan ijazah Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) sebagai persyaratan menjadi Calon Kades tahun 2009 telah divonis 18 bulan penjara oleh Hakim Pengadilan Negeri Stabat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: