K-SEMAR Ungkap Penipuan CPNS di Langkat 2010


sumber : http://www.harianorbit.com

Medan-ORBIT: Dugaan penipuan dan pemalsuan Surat Keputusan (SK) pengangkatan PNS Langkat menggunakan kop surat Badan Kepegawaian Nasional (BKN) menguak ke permukaan.
Kelompok Studi dan Edukasi Masyarakat Marginal (K-SEMAR) Sumatera Utara, meminta Kabareskrim Polri memerintahkan Poldasu menyelidiki kasus yang terjadi di Kabupaten Langkat tahun 2010 lalu.

Informasi dihimpun Harian Orbit, hingga Senin (9/4), permintaan itu disampaikan K-SEMAR melalui Surat Nomor 121/K-SEMAR/IV/2012 bertanggal 9 April 2012 kepada Kabareskrim Polri. Permintaan itu juga ditembus kepada Kapolri, Kepala BKN RI, Kapolda dan Gubernur Sumut serta Bupati dan Kapolres Langkat.

Kordinator K-SEMAR Togar Lubis SH MH dalam laporan pengaduannya menyebutkan, Mei 2010 lalu, seseorang yang mengaku berinisial SC, PNS di KUPT Dinas Pendapatan Kecamatan Stabat, telah mendatangi seorang warga berinisial SS (52), warga Dusun VI Bangun Baru, Desa Namukur Utara, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat.
Kepada SS, SC menawarkan jasa untuk membantu memasukkan putri SS yang berijazah D3 Kebidanan menjadi CPNS dengan cara penyisipan CPNS di Sumatera Utara.

Untuk memperlancar proses penyisipan CPNS tersebut, SC juga mengatakan membutuhkan uang untuk diserahkan kepada oknum-oknum di BKN di Jakarta beserta uang saku pihak-pihak yang mengurus sebesar Rp110 juta.

“Permintaan itu disanggupi SS dan sebagai langkah awal maka satu minggu sejak pertemuan tersebut SS harus menyerahkan menyerahkan uang sebesar Rp45 juta kepada SC. Sisanya sebesar Rp65 juta akan diserahkan setelah SK CPNS putrinya terbit,” ungkap Togar kepada Harian Orbit di Medan.

Satu minggu kemudian SC datang dan kali ini ditemani seseorang berinisial MM (35) dan memperkenalkan diri sebagai Ketua salahsatu LSM yang namanya mirip dengan LSM penggiat anti korupsi terkenal di Jakarta.

Saat bertemu dengan SS, keduanya mengendarai Mobil Daihatsu Xenia warna Silver BK 53 HS dan kedua orang tersebut menjelaskan bahwa mereka memiliki koneksi di BKN.

Yakin dengan penampilan dan mulut manis keduanya, akhirnya SS menyerahkan uang sebesar Rp45 juta dan SC kemudian menyerahkan kwitansi tanda terima uang kepada SS.

Ratusan Korban
Togar melanjutkan, bulan Juli 2010 atau dua bulan sejak uang tersebut diserahkan, SC kembali datang menemui SS dan sesuai dengan janjinya menyerahkan SK yang seolah-olah diterbitkan BKN tentang pengangkatan putri SS sebagai CPNS.
“SC juga mengatakan, masa dimulainya kerja adalah bulan September 2010 atau paling lama Januari 2011. Gembira menerima SK tersebut dan sesuai janji SS menyerahkan sisa pembayaran Rp65 juta kepada SC,” terang Togar yang juga aktivis penggiat anti korupsi itu.
Kabar terbitnya SK CPNS puteri SS tersebut, telah mengundang perhatian dan ketertarikan sesama rekan kerja SS di Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat.
Seorang rekan kerjanya berinisal MN (53) warga yang sama juga ingin agar menantunya berinisial HR Br Sitepu yang juga lulusan Akademi Kebidanan dapat menjadi PNS.
Sama dengan sebelumnya, MN juga menyerahkan uang Rp45 juta pada SC dan MM. Awal Oktober 2010, SC kembali datang menemui MN dengan menyerahkan SK yang seolah-olah diterbitkan BKN tentang pengangkatan anak menantunya.

Lalu, awal bulan Desember 2010, SS dan MN mencoba mempertanyakan penempatan putri dan menantu mereka ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumut dengan membawa SK CPNS yang diberikan SC. Dan disitulah keduanya baru menyadari telah menjadi korban penipuan.

“Jumlah korban penipuan dan pemalsuan SK CPNS dengan menggunakan Kop Surat BKN RI di Langkat ini kita perkirakan ratusan orang dan untuk itu perlu penyelidikan dan penyidikan yang lebih ektra makanya kita laporkan ke Bareskrim Polri,” kata Togar Lubis. Om-27

Satu Tanggapan

  1. waaah, bagaimana dengan tahun ini ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: